Orang Kepercayaan Duterte Mundur Jadi Calon Presiden Filipina

Kompas.com - 01/12/2021, 14:24 WIB
Presiden Filipina Rodrigo Duterte, kiri, mengacungkan tangan Senator Christopher Bong Go yang telah mengajukan sertifikat pencalonannya sebagai wakil presiden selama pemilihan tahun depan di hadapan Komisi Pemilihan di Tenda Taman Pelabuhan Sofitel di Metropolitan Manila, Filipina pada Sabtu, 2 Oktober 2021. AP PHOTO/LISA MARIE DAVIDPresiden Filipina Rodrigo Duterte, kiri, mengacungkan tangan Senator Christopher Bong Go yang telah mengajukan sertifikat pencalonannya sebagai wakil presiden selama pemilihan tahun depan di hadapan Komisi Pemilihan di Tenda Taman Pelabuhan Sofitel di Metropolitan Manila, Filipina pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

MANILA, KOMPAS.com - Pengganti yang dilantik Presiden Rodrigo Duterte sebagai calon presiden Filipina, Senator Christopher "Bong" Gomenarik, menarik pencalonannya dalam pemilihan presiden 2022.

Bong Go mengumumkannya dalam pernyataannya, Selasa (30/11/2021), dilansir ABS-CBN.

Go mengaku mundur dari pemilihan presiden karena tidak ingin menambah masalah Duterte.

Baca juga: Filipina Larang Kedatangan Turis Asing Bervaksin, Cegah Varian Omicron

"Saya tidak ingin Presiden Duterte terjebak. Cinta saya padanya lebih dari seorang ayah. Dia sudah tua dan telah memberikan begitu banyak untuk negara, jadi saya tidak ingin menambah masalahnya," ujarnya.

Go tidak menjelaskan lebih lanjut.

Sementara itu, putri Duterte, Wali Kota Davao City Sara Duterte-Carpio, mencalonkan diri sebagai wakil presiden bersama dengan pesaing yang berbeda, yakni mantan senator Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr.

Duterte sebelumnya mencap Marcos sebagai "pemimpin yang lemah," sambil memuji pembantu lamanya, Go, sebagai sosok jujur dan pekerja keras.

Baca juga: Presiden Filipina Duterte Akan Mundur, Ini Kandidat Terpopuler Calon Penggantinya

Kritik Duterte pada Marcos bisa berdampak buruk pada pemilihan wakil presiden Sara, yang notabene adalah putri Duterte.

Marcos mengatakan dia sudah mengikuti tes narkoba setelah omelan Duterte

Terkait mundurnya Go, orang kepercayaan Duterte ini juga mengatakan keluarganya tidak ingin dia mencalonkan diri sebagai presiden.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber ABS-CBN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.