Kompas.com - 30/11/2021, 16:48 WIB
Foto Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021). Fitria Chusna FarisaFoto Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021).

KOMPAS.com - Diplomasi adalah metode untuk mempengaruhi keputusan dan perilaku pemerintah dan masyarakat melalui dialog, negosiasi, dan tindakan sejenis tanpa kekerasan atau perang.

Secara historis, diplomasi artinya pelaksanaan hubungan resmi luar negeri antara negara-negara berdaulat, biasanya bilateral atau multilateral.

Bersumber dari Britannica, diplomasi adalah produk dari sistem negara Eropa pasca-Renaisans.

Sementara, istilah diplomasi berasal dari bahasa Perancis yang memiliki akar dari bahasa Yunani yaitu diploma.

"Diplo" artinya lipatan, dan "ma" artinya sebuah objek yang merujuk pada dokumen atau kertas.

Pada abad ke-18, istilah Perancis "diplomat" datang untuk merujuk pada orang yang berwenang untuk bernegosiasi atas nama negara.

Sejak abad ke-20, diplomasi yang dipraktikkan di Eropa telah diadopsi di seluruh dunia, hingga tercipta KTT, konferensi internasional, dan semacamnya.

Baca juga: Dubes RI Moskwa Jose Tavares Kunjungi Republik Tatarstan untuk Mempererat Diplomasi Ekonomi

Sifat dan tujuan diplomasi

Diplomasi adalah instrumen utama kebijakanluar negeri, tetapi bukan satu-satunya cara yang ditetapkan oleh pemimpin politik untuk mencapai tujuan luar negerinya.

Sifat diplomasi berlawanan dengan tindakan keras militer yang bisa juga dikerahkan untuk mencapai tujuan luar negeri suatu pemerintahan.

Diplomasi adalah kekuatan nasional yang bersifat komprehensif dengan menyesuaikan perbedaan antarnegara atau antarpihak yang terlibat untuk mencapai mufakat damai.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Britannica
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.