Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina: Rusia Sudah Siap Invasi, Bisa Terjadi dalam Sekejap Mata

Kompas.com - 30/11/2021, 08:28 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Ukraina pada Senin (29/11/2021) meminta tanggapan cepat untuk mencegah invasi Rusia, karena menurut mereka operasi militer Moskwa dapat diluncurkan dalam sekejap mata.

Permintaan itu diucapkan Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, dalam konferensi pers untuk media-media asing dan turut dihadiri Kompas.com.

“Lebih baik bertindak sekarang, bukan nanti (untuk) mencegah Rusia”.

"Apa yang kami lihat sangat serius. Rusia telah mengerahkan kekuatan militer besar di wilayah yang dekat dengan perbatasan negara Ukraina," terang Kuleba.

Baca juga: Menlu Ukraina: Tentara Kami Tewas Ditembaki Sniper Rusia

Dia melanjutkan, Rusia telah mengerahkan 115.000 tentara di sekitar Ukraina, termasuk semenanjung Krimea yang dicaplok pada 2014, dan dua wilayah timur yang diduduki oleh separatis pro-Rusia.

Tank, artileri, sistem peperangan elektronik, dan pasukan udara erta laut juga dikerahkan Rusia, tambahnya.

"Jika Rusia memutuskan untuk melakukan operasi militer, hal-hal itu akan terjadi dalam sekejap mata," imbuh Kuleba dalam pernyataannya.

Namun dia menambahkan, tentara Ukraina sudah jauh lebih kuat daripada ketika pada 2014 berebut wilayah Donetsk dan Lugansk dengan separatis, dalam konflik yang merenggut lebih dari 13.000 nyawa.

Ukraina dan Rusia saling bantah klaim

Melansir AFP pada Selasa (30/11/2021), Ukraina dan para sekutu Baratnya menuduh Rusia mengirim pasukan dan senjata untuk mendukung separatis, tetapi klaim tersebut dibantah Moskwa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com