Usai Positif Covid-19, Presiden Ceko Lantik Pejabat Tinggi Negara dari Balik Kotak Kaca

Kompas.com - 29/11/2021, 07:13 WIB
Presiden Ceko Milos Zeman, kanan, dalam kubus transparan karena ia dinyatakan positif COVID-19, menunjuk pemimpin ODS Petr Fiala, kiri, sebagai Perdana Menteri Ceko di Lany manor, dekat Praha, Minggu, 28 November 2021. AP PHOTO/ROMAN VONDROUSPresiden Ceko Milos Zeman, kanan, dalam kubus transparan karena ia dinyatakan positif COVID-19, menunjuk pemimpin ODS Petr Fiala, kiri, sebagai Perdana Menteri Ceko di Lany manor, dekat Praha, Minggu, 28 November 2021.

PRAHA, KOMPAS.com - Presiden Ceko Milos Zeman menunjuk pemimpin oposisi Petr Fiala sebagai perdana menteri baru negara itu pada Minggu (28/11/2021)

Zeman - yang dites positif terkena virus corona minggu lalu - melakukan pelantikan itu dari dalam kotak kaca plexiglass di ruang negara di kediamannya.

Baca juga: Covid Eropa: Ceko Laporkan Kasus Harian Tertinggi Sejak Pandemi

BBC melaporkan staf rumah sakit yang mendorong kursi roda Presiden Ceko menggunakan peralatan pelindung lengkap.

Aturan di Ceko mengharuskan pasien positif Covid-19 untuk menjalani isolasi diri selama dua minggu.

Zeman tertular Covid-19 tepat setelah menjalani perawatan intensif untuk masalah yang tidak terkait.

Pria 77 tahun ini adalah perokok berat dan mantan peminum berat, yang menderita diabetes dan kini menggunakan kursi roda.

Di bawah konstitusi Ceko, presiden adalah tokoh utama, tetapi dia memimpin pembicaraan tentang pembentukan pemerintahan baru.

Pemungutan suara bulan lalu mengembalikan kemenangan mengejutkan bagi oposisi melawan Perdana Menteri Ceko Andrej Babis.

Baca juga: Safari Langka ke Eropa, Menlu Taiwan Dijadwalkan Berkunjung ke Slovakia dan Ceko

Berbicara melalui mikrofon di dalam kotak tertutup, Zeman mengatakan bahwa dia akan menghabiskan dua minggu ke depan untuk mewawancarai calon menteri, meskipun pilihan kandidat seharusnya tergantung pada penunjukan perdana menteri.

Proses ini akan berlanjut hingga 13 Desember, ketika pemerintahan baru secara keseluruhan dapat ditunjuk untuk mengambil alih dari PM Babis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.