Inggris, AS, dan NATO Yakin Akan Temukan Pesawat Tempur F-35B Sebelum Didahului Rusia

Kompas.com - 23/11/2021, 14:05 WIB
Sebuah jet tempur F-35B AS terbang di atas kapal induk Angkatan Laut Kerajaan HMS Queen Elizabeth selama latihan 2018. [Dane Wiedmann/Navy Office of Information/US Navy Via CNN] Dane Wiedmann/Navy Office of Information/US Navy Via CNNSebuah jet tempur F-35B AS terbang di atas kapal induk Angkatan Laut Kerajaan HMS Queen Elizabeth selama latihan 2018. [Dane Wiedmann/Navy Office of Information/US Navy Via CNN]

LONDON, KOMPAS.com - Pejabat Inggris, AS dan NATO pada Senin (22/11/2021) yakin akan menemukan pesawat tempur siluman yang jatuh setelah lepas landas dari kapal induk HMS Queen Elizabeth, sebelum Rusia.

Kapal induk HMS Queen Elizabeth kehilangan jejak pesawat tempur siluman F-35B pada Rabu lalu (17/11/2021). Namun, pilot berhasil keluar dengan selamat.

Melansir AFP pada Senin (22/11/2021), NATO memiliki kekhawatiran Rusia mungkin mencoba untuk menemukan bangkai pesawat tempur siluman yang tenggelam terlebih dahulu untuk memperoleh wawasan tentang teknologi mutakhirnya.

Baca juga: 19 Pesawat Tempur China Dilaporkan Masuk Zona Pertahanan Udara Taiwan

"Kami akan mendapatkannya dulu, saya berjanji," kata Brigadir Jenderal Simon Doran, perwira tinggi AS di kapal induk HMS Queen Elizabeth.

"Kami sama sekali tidak ragu untuk menemukannya," kata Wakil Komandan Tertinggi Sekutu Eropa NATO, Jenderal Tim Radford, kepada wartawan di atas kapal di Mediterania.

"Kami tidak khawatir karena kami sedang menangani masalahnya saat ini. Jelas ada kekhawatiran ketika pesawat jatuh. Pilot aman yang merupakan hal terpenting," ungkap Radford.

Dia dan pejabat lainnya menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang upaya penyelamatan pesawat F-35B tersebut.

Baca juga: AS Kirim Pesawat Pengebom dan Pesawat Tempur untuk Hentikan Serangan Agresif Taliban

Komandan kelompok serangan sekutu sembilan kapal yang dipimpin oleh HMS Queen Elizabeth, Komodor Steve Moorhouse, menyebut hilangnya pesawat temput siluman F-35B sebagai "insiden yang sangat disayangkan" dan "kemunduran".

Namun dia berkata, "Keandalan pesawat atau kepercayaan di dalamnya dan proyeknya tidak berkurang."

Inggris sejauh ini telah menerima pengiriman 21 pesawat temput siluman F-35B buatan AS, sebagian besar untuk dua kapal induk modernnya, HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales.

Pesawat temput siluman F-35B dirancang untuk lepas landas pendek dan pendaratan vertikal, dan merupakan varian dari F-35 lainnya.

F-35 adalah pesawat perang generasi ke-5 yang dapat dilengkapi untuk berbagai misi yang berbeda.

Baca juga: Pesawat Tempur Rusia Latihan Mengebom Kapal Musuh di Laut Hitam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.