Kronologi Bintang Tenis China Peng Shuai "Hilang", Ini Kasus yang Menimpanya

Kompas.com - 21/11/2021, 12:24 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Bintang tenis China, Peng Shuai, dikabarkan hilang setelah melontarkan tuduhan terhadap politisi top China memaksanya berhubungan seks.

Sejak tuduhan itu dibuat di media sosial Weibo awal bulan ini, Peng Shuai (35) yang merupakan mantan petenis ranking satu dunia di nomor ganda, belum terlihat lagi.

Ini merupakan kali pertama gerakan #MeToo menyerang eselon teratas Partai Komunis China yang berkuasa.

Baca juga: Bintang Tenis Peng Shuai Mengaku Dilecehkan Pejabat China, Beijing Membisu

Berikut adalah kronologi Peng Shuai hilang dan perkembangannya sejauh ini, dikutip dari AFP pada Sabtu (20/11/2021).

1. Tuduhan Peng Shuai

Bintang tenis China Peng Shuai tersenyum saat melawan petenis Rusia Elena Vesnina di Turnamen Tenis Zhuhai Elite Trophy di Zhuhai, pada 3 November 2017.AFP PHOTO/CHINA OUT/STR Bintang tenis China Peng Shuai tersenyum saat melawan petenis Rusia Elena Vesnina di Turnamen Tenis Zhuhai Elite Trophy di Zhuhai, pada 3 November 2017.
Pada 2 November, Peng Shuai di Weibo (media sosial mirip Twitter di China) mengeklaim, mantan wakil perdana menteri Zhang Gaoli pernah memaksanya melakukan hubungan seks selama hubungan putus-nyambung yang lama.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Zhang Gaoli yang sekarang berusia 70-an tahun.

2. Penyensoran klaim Peng Shuai

Unggahan Peng Shuai tak lama kemudian dihapus, tetapi netizen sempat mengambil tangkapan layar.

Tuduhan Peng Shuai kemudian diunggah ke Twitter - yang dilarang di China - sehingga memungkinkannya menjangkau khalayak di seluruh dunia.

Data Peng Shuai masih muncul di hasil pencarian online di China, tetapi tuduhannya tidak ada, dan pencarian dia serta Zhang bersama-sama juga tidak menunjukkan hasil apa-apa.

Baca juga: PBB dan AS Tuntut Bukti Keberadaan Bintang Tenis China Peng Shuai

3. Simpati untuk Peng Shuai

File foto ini diambil pada 3 Oktober 2016 menunjukkan reaksi Peng Shuai dari China setelah mengalahkan Venus Williams dari AS dalam pertandingan babak pertama tunggal putri di turnamen tenis China Open di Beijing. AFP PHOTO/FRED DUFOUR File foto ini diambil pada 3 Oktober 2016 menunjukkan reaksi Peng Shuai dari China setelah mengalahkan Venus Williams dari AS dalam pertandingan babak pertama tunggal putri di turnamen tenis China Open di Beijing.
Di Twitter, tagar #WhereIsPengShuai mendapatkan banyak perhatian. Para pemain tenis dulu dan sekarang menggunakan tagar itu untuk menyuarakan keprihatinan atas keselamatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.