Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2021, 19:33 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Ibu dari salah satu korban dari kasus pemerkosaan jasad di kamar mayat, menuntut agar pemimpin rumah sakit di mana, David Fuller secara berantai menyiksa jenazah tanpa terdeteksi selama 12 tahun, untuk mengundurkan diri.

Jenazah Azra Kemal diperkosa tiga kali pada Juli 2020 di kamar mayat rumah sakit Tunbridge Wells oleh David Fuller, seorang ahli listrik di rumah sakit.

Baca juga: Ditemukan Kuburan Massal Tak Tercatat Dekat Kamp Nazi Berisi 1.362 Mayat

David Fuller diketahui telah menyiksa setidaknya 100 mayat antara 2008 dan 2010.

Nevres Kemal, pelapor utama dalam “skandal Baby P” di Haringey Inggris pada 2007, sangat marah tentang apa yang terjadi pada putrinya, Azra Kemal.

Dia menuntut pengunduran diri Miles Scott, kepala eksekutif kepercayaan Maidstone dan Tunbridge NHS (Layanan Kesehatan Nasional), Inggris.

"Scott harus pergi," katanya. "Orang itu tidak harus menunggu untuk dilempar, dia harus keluar sendiri."

Pada pertemuan yang dia lakukan dengan Scott, Kemal mengatakan bahwa Scott mengaku bertanggung jawab atas apa yang terjadi - sebuah pernyataan yang didukung oleh pejabat lain yang hadir.

“Akuntabilitas dimulai dengan pria di (jabatan) atas. Dia bertanggung jawab, tetapi dia tidak ingin kehilangan pekerjaan mewahnya,” protes Kemal melansir Guardian pada.

Baca juga: 10 Mayat Ditemukan di Kapal Migran di Lepas Pantai Libya

Pekan lalu, pemerintah tunduk pada seruan Kemal dan yang lainnya, untuk mengadakan penyelidikan tentang apa yang salah, dan menyelidiki internal dengan penyelidikan independen, yang dikepalai oleh Jonathan Michael.

Tapi Kemal berkata: "Mereka berencana untuk mengadakan penyelidikan - bagaimana sebuah organisasi dapat menilai dirinya sendiri atas sesuatu yang begitu menghebohkan?"

Menurutnya masalah yang terlibat relatif mudah. “Saya ingin tahu bagaimana mereka bisa membiarkan itu terjadi, tetapi ada jawaban sederhana – mereka tidak memeriksa keamanan. Mengapa orang mati tidak diberikan keamanan yang layak diperiksa? Dia [Fuller] pergi ke kamar mayat mati – itu jelas seharusnya menimbulkan alarm.”

Kemal lelah dengan pengalamannya 14 tahun lalu di Haringey. Ketika itu sebagai pekerja sosial dia memperingatkan dewan dan pemerintah bahwa Baby P tidak dilindungi dengan baik, enam bulan sebelum bocah itu meninggal.

Alih-alih bertindak atas penilaiannya, dewan di Inggris mengeluarkan perintah terhadap Kemal, yang melarangnya berbicara tentang pengasuhan anak.

“Saya tidak memercayai sistem apa pun lagi setelah bencana Baby P,” katanya.

“Itu selalu sama dengan setiap pertanyaan berdarah: apakah Anda harus mendorong orang keluar (meninggalkan jabatannya) atau menjadi sangat jelas bahwa mereka harus pergi.”

Baca juga: Lebih dari 100 Mayat Siswa Diidentifikasi dari Sekolah Pribumi di Nebraska

Halaman:
Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com