Militer Inggris Buru-buru Selamatkan Jet Tempur F-35 yang Jatuh ke Laut Sebelum Diambil Rusia

Kompas.com - 19/11/2021, 14:37 WIB
Sebuah jet tempur F-35B AS terbang di atas kapal induk Angkatan Laut Kerajaan HMS Queen Elizabeth selama latihan 2018. [Dane Wiedmann/Navy Office of Information/US Navy Via CNN] Dane Wiedmann/Navy Office of Information/US Navy Via CNNSebuah jet tempur F-35B AS terbang di atas kapal induk Angkatan Laut Kerajaan HMS Queen Elizabeth selama latihan 2018. [Dane Wiedmann/Navy Office of Information/US Navy Via CNN]

LONDON, KOMPAS.com - Militer Inggris melakukan misi cepat mengambil bangkai jet tempur F-35 yang jatuh ke laut sebelum diambil Rusia.

Pilot Angkatan Udara Inggris (RAF) terpaksa menyelamatkan diri saat F-35B Lightning yang dikemudikannya jatuh tak lama setelah lepas landas.

Ini merupakan kali pertama pesawat tempur yang diklaim paling canggih itu jatuh di laut, tepatnya kawasan Mediterania.

Baca juga: Bahas Polemik F-35, Erdogan Ingin Bertemu Biden

Karena jatuh di perairan internasional, maka London buru-buru mengerahkan militernya untuk mencari pesawat yang dikembangkan AS tersebut.

Apalagi menurut keterangan Menteri Pertahanan Ben Wallace, Rusia disinyalir juga berancang-ancang untuk mencarinya.

Kepada Sky News, Wallace menerangkan pesawat "Negeri Beruang Merah" mulai melacak kapal induk HMS Queen Elzabeth dan kapal pengiringnya.

Penyelamatan dan pengangkatan bangkai jet tempur harus cepat dilakukan, karena F-35 mempunyai sederet teknologi yang terbilang rahasia.

Jika sampai Kremlin mendapatkan pesawat itu, maka intelijen mereka bakal sangat unggul dalam pengumpulan informasi mengenai senjata lawan.

"Saya tidak akan membicarakan mengenai apa yang kami tahu atau tidak tahu. Tetapi saya pikir kami sangat waspada akan situasi ini," kata Wallace.

Baca juga: Spesifikasi Sekakmat, Jet Tempur Siluman Terbaru Rusia Saingan F-35

Dilansir Kamis (18/11/2021), disebutkan London meminta bantuan AS untuk membantu mengeluarkan senjata termahal dalam sejarah tersebut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.