Tagihan Listrik Melonjak, Warga Spanyol Ramai-ramai Pasang PLTS Atap

Kompas.com - 18/11/2021, 21:49 WIB
Ilustrasi panel surya Shutterstock/Thinnapob ProongsakIlustrasi panel surya

MADRID, KOMPAS.com – Pada suatu pagi yang cerah dan dingin di sebuah kota kecil di timur Madrid, Spanyol, Esther Banales berdiri di luar rumahnya.

Para teknisi memanjat atap rumahnya untuk memasang 16 panel surya yang dia harap akan memotong tagihan listriknya lebih dari sepertiga.

“Kami merasakan kenaikah tagihan listrik naik, dan orang-orang membicarakan apakah kami akan mengalami masalah pasokan, jadi saya memutuskan ini adalah waktu yang tepat (untuk memasang panel surya),” kata Banales.

Baca juga: Inspirasi Energi: Bagaimana jika Seantero Gurun Sahara Dipasangi PLTS?

Banales mengakui, investasi yang dia tanam untuk memasang PLTS atap si rumahnya tidaklah murah, sekitar 7.600 euro (Rp 122 juta).

Namun, Banales berpendapat bahwa dia bisa balik modal secepatnya.

Banales rupanya tidak sendirian. Ada banyak warga Spanyol yang mulai berbondong-bondong memasang panel surya atap.

Beberapa perusahaan pemasangan panel surya atap mengaku semakin banyak warga yang ingin memasang PLTS di rumah sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Ini PLTS Terbesar di Dunia, Lebih Luas daripada Jakarta Pusat

Permintaan pemasangan PLTS atap tersebut tak lepas dari lonjakan tagihan listrik yang disebabkan melambungnya harga gas bumi untuk pembangkit listrik.

Menurut Otovo, perusahaan asal Norwegia yang melayani pemasangan panel surya atap, permintaan PLTS atap sedang booming di beberapa negara Eropa.

“Dalam kasus Spanyol, tahun lalu ada satu pelanggan yang tertarik, hari ini kami memiliki tiga,” kata Inigo Amoribieta, yang bertanggung jawab atas bisnis Otovo di Spanyol.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.