Kompas.com - 14/11/2021, 20:02 WIB

WINA, KOMPAS.com - Kanselir Austria Alexander Schallenberg pada Minggu (14/11/2021) mengumumkan, lockdown khusus bagi warga yang belum disuntik vaksin Covid-19 atau baru saja pulih, dimulai pada Senin (15/11/2021).

Sekitar 65 persen dari hampir sembilan juta warga Austria sudah divaksin, tetapi masih di bawah rata-rata Uni Eropa yaitu 67 persen, sementara kasus harian Covid-19 terus meningkat dan mencapai rekor minggu ini.

"Situasinya serius... Kami mengambil langkah ini berat hati tapi sayangnya itu perlu," kata Schallenberg kepada wartawan, dikutip dari AFP.

Baca juga: Austria Akan Berlakukan Lockdown Khusus bagi Warga Tidak Divaksin Covid-19

Lockdown warga Austria ini melarang orang-orang di atas 12 tahun yang belum divaksinasi atau baru sembuh dari Covid-19 meninggalkan rumah, kecuali untuk alasan penting seperti membeli kebutuhan harian, berolahraga, atau membutuhkan perawatan medis.

Lockdown Austria akan ditegakkan dengan pemeriksaan acak selama 10 hari ke depan. Setelah itu akan ditinjau, kata Menteri Kesehatan Wolfgang Mueckstein.

Parlemen, yang dikontrol oleh koalisi konservatif-Hijau Schallenberg, diperkirakan akan menyetujui kebijakan ini pada Minggu malam.

Schallenberg dan Mueckstein juga kembali meminta orang-orang yang belum divaksinasi untuk disuntik.

Mulai Senin (15/11/2021) juga, Wina menjadi wilayah pertama di Uni Eropa yang memvaksin anak-anak usia 5-11 tahun di pusat vaksinasi ibu kota.

Jadwal sudah disusun untuk lebih dari 5.000 anak setelah pendaftaran dibuka pada Sabtu (13/11/2021).

Badan Obat-obatan Eropa atau European Medicines Agency (EMA) belum mengeluarkan otorisasi untuk vaksin apa pun untuk kelompok usia ini, meskipun negara-negara anggota memiliki hak melakukannya dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat.

Pekan lalu, Pemerintah Austria mengatakan bahwa hanya orang-orang yang sudah divaksin atau pulih dari Covid-19 yang akan diizinkan masuk restoran, hotel, dan tempat-tempat budaya.

Sejauh ini, Covid-19 di Austria telah merenggut 11.700 nyawa. Peningkatan kasus harian mencapai titik tertinggi dengan lebih dari 13.000 kasus baru pada 13 November 2021.

Baca juga: Dituding Korupsi, Kanselir Austria Sebastian Kurz Mengundurkan Diri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.