Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 10 Rok Pria dari Budaya Berbagai Negara

Kompas.com - 12/11/2021, 05:01 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Rok umumnya yang kita kenal dipakai oleh perempuan, tetapi dalam sejarah peradaban manusia, model rok populer dipakai oleh pria juga.

Apakah kamu tahu sejarah dari negara mana saja yang pernah mempopulerkan pakaian model rok untuk pria?

Berikut Kompas.com merangkum sejumlah model rok pria yang populer dari zaman sejarah di berbagai negara, yang dilansir dari Arts and Culture Google dan Standardmedia:

Baca juga: Sekolah Skotlandia Minta Murid dan Guru Laki-laki Pakai Rok untuk Kesetaraan Gender

1. Shendyt, rok pria dari Mesir

Ilustrasi Shendyt, rok pria dari Mesir. [Via Fashion History Timeline]Via Fashion History Timeline Ilustrasi Shendyt, rok pria dari Mesir. [Via Fashion History Timeline]

Di Mesir kuno, rok dikenal sebagai shendyt dan hanya terdiri dari selembar linen yang dililitkan di tubuh bagian bawah, yang umum dipakai oleh pria.

Pada zaman itu, bentuk rok juga dipakai untuk membedakan kelas sosial seseorang, atas atau bawah.

Kaum kelas atas memiliki rok yang ditenun dengan baik dan berlipat rumit. Sedangkan orang miskin, memakai rok yang lebih sederhana.

Lalu, panjang rok juga menunjukkan betapa kaya pemakainya. Semakin panjang roknya, semakin banyak kain yang bisa mereka beli atau artinya ia semakin kaya.

2. Kaunakes, rok pria dari Mesopotamia

Ilustrasi kaunakes, rok pria dari Mesopotamia. [Via Wikipedia.org]Via Wikipedia.org Ilustrasi kaunakes, rok pria dari Mesopotamia. [Via Wikipedia.org]

Patung yang diperkirakan dari 2500 SM ditemukan di sebuah kuil Mesopotamia dan menunjukkan seorang pria mengenakan sejenis rok yang dikenal sebagai kaunakes.

Bangsa Sumeria, sebuah peradaban yang ada sebelum 4000 SM, memakai kaunakes yang panjangnya hingga ke lutut yang dibuat dengan model menjumbai.

Di zaman Messopotamia, rok ini dipakai oleh pria dan wanita. Seperti shendyt, kaunakes juga menunjukkan kelas sosial seseorang.

Rok lebih panjang menunjukkan status sosial seseorang yang tinggi, dan mereka yang menggunakan kaunakes lebih pendek berada di bawahnya, seperti pelayan.

Baca juga: Ketika Pakaian Dalam dan Rok Perempuan Jadi Senjata Melawan Militer Myanmar

3. Rahad, rok pria dari Sudan

Rahad, rok pria dari Sudan. [Via Arts and Culture Google]Via Arts and Culture Google Rahad, rok pria dari Sudan. [Via Arts and Culture Google]

Rok model apron ini berasal dari Sudan, yang diikatkan di pinggang dengan poni menjuntai ke bawah sepanjang 23 cm.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com