Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Produsen yang Hanya Akan Menjual Mobil Listrik, Setop Produksi Mobil Ber-BBM

Kompas.com - 11/11/2021, 19:16 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

KOMPAS.com - Beberapa produsen mobil saat ini berlomba untuk membuat mobil listrik, setelah mobil berbahan bakar bensin akan dilarang dijual di banyak negara mulai tahun 2035 nanti.

Begitu pula di Australia, meski Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan warganya masih diberikan pilihan untuk membeli mobil listrik atau tidak.

Tapi jika akan lebih banyak produsen yang membuat mobil listrik, artinya mobil yang akan dibeli oleh warga di Australia nantinya adalah jenis mobil listrik.

Baca juga: Puluhan Negara Berjanji Tak Akan Jual Mobil Bertenaga Bensin Mulai 2035

Ini bisa berarti bahwa ketika nantinya warga Australia ingin membeli kendaraan baru, maka yang tersedia hanya mobil yang digerakkan oleh listrik, tidak lagi tergantung pada BBM.

Hanya produsen mobil mewah yang saat ini bisa memproduksinya, karena tingginya biaya pembuatan mobil listrik dan baterai.

Sementara perusahaan yang menjual mobil dengan harga menengah sudah mulai menanamkan modal dalam masa transisi yang akan terjadi selama belasan tahun ke depan.

Inilah daftar beberapa merek kendaraan yang mengatakan nantinya hanya akan memproduksi mobil listrik.

Jaguar

Bulan Februari lalu, perusahaan pembuat mobil mewah asal Inggris mengumumkan mereka hanya akan membuat mobil listrik saja mulai tahun 2025.

Perusahaan yang bernama Jaguar Land Rover, yang juga menjual mobil Land Rover, berjanji akan menjadi perusahaan tanpa emisi karbon di tahun 2039.

Land Rover model pertama yang sepenuhnya listrik akan dikeluarkan di tahun 2024, dengan rencana secara perlahan tidak akan lagi memproduksi mobil berbahan bakar bensin.

Audi

Mulai tahun 2026, semua model mobil baru yang dibuat oleh perusahaan mobil asal Jerman ini adalah mobil listrik.

Kendaraan berbahan bakar minyak, solar dan hybrid yang diproduksi selama tahun 2026 tetap akan dibuat dan dijual sampai di awal tahun 2030-an.

Perusahaan yang dimiliki oleh Volkswagen Group ini akan mulai menghentikan pembuatan mobil berbahan bakar bensin mulai tahun 2033.

Baca juga: Tak Hanya Mobil Listrik, Bahan Bakar Nabati Juga Penting Turunkan Emisi

Alfa Romeo

Perusahaan pembuat mobil mewah Italia ini telah mengumumkan hanya akan menjual mobil listrik di Eropa, Amerika Utara dan China mulai tahun 2027.

Tidak dijelaskan apakah Australia akan menjadi perluasan pasar bagi mobil listrik mereka.

Alfa Romeo dimiliki oleh Stellantis, perusahaan pembuat mobil keempat terbesar di dunia, yang juga memiliki merek lain seperti Jeep, Fiat, Peugeot dan Chrysler.

Stellantis menanamkan modal sekitar 47 miliar dollar untuk pengembangan mobil listrik sampai tahun 2025.

Rolls-Royce

Bulan September lalu, perusahaan ini mengumumkan hanya akan membuat mobil listrik mulai tahun 2030.

Peerusahaan yang dimiliki BMW ini juga akan mengeluarkan mobil listrik pertama bernama Spectre di akhir tahun 2023.

"Di tahun 2030, Rolls-Royce tidak lagi akan memproduksi atau menjual mobil yang memiliki sistem yang menggunakan bahan bakar," kata Direktur Eksekutifnya Torsten Muller-Otvos.

Mini

Mini, merek kendaraan lain yang juga dimiliki oleh BMW mengatakan mereka hanya akan membuat kendaraan listrik saja di akhir tahun 2029.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com