Kompas.com - 05/11/2021, 20:04 WIB
PLTN Barakah, Uni Emirat Arab. Twitter @iaeaorgPLTN Barakah, Uni Emirat Arab.

ABU DHABI, KOMPAS.com – Abu Dhabi mengumumkan sembilan proyek baru yang akan berkontribusi pada inisiatif Strategi Net Zero Uni Emirat Arab (UEA) pada 2050.

Proyek-proyek tersebut diharapkan dapat mengurangi emisi karbon dioksida dari pembangkit listrik dan produksi air di Abu Dhabi setidaknya 50 persen selama 10 tahun.

Abu Dhabi berencana mengurangi emisi pembangkit listriknya dari 40 juta ton karbon dioksida pada 2020 menjadi sekitar 20 juta ton pada 2025.

Baca juga: Israel Ingin Perkuat Hubungan dengan UEA dan Bahrain

Melansir Reuters, Jumat (5/11/2021), Ketua Departemen Energi Abu Dhabi Awaidha Al Marar mengatakan proyek-proyek tersebut sebagian sudah berjalan.

UEA bertujuan untuk mencapai total kapasitas pembangkit listrik bersih sebesar 8,8 gigawatt pada 2025.

Inisiatif UEA tersebut terdiri atas proyek-proyek yang sudah ada dan yang sudah direncanakan dari sektor energi Abu Dhabi.

Beberapa proyek itu mencakup pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pertama UEA yakni Barakah serta pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Noor Abu Dhabi dan Al Dharfa.

Baca juga: Unit Kedua PLTN Barakah Tersambung Jaringan Listik UEA

Bulan lalu, negara di Teluk Arab tersebut mengumumkan rencananya mencapai nol emisi pada 2050 dan akan mengawasi investasi senilai 600 miliar dirham pada energi terbarukan.

Dalam 15 tahun terakhir, UEA telah menginvestasikan 40 miliar dollar AS ke dalam sektor energi bersih.

PLTN Barakah di Abu Dhabi telah terhubung ke jaringan nasional dan UEA ditargetkan menghasilkan 14 gigawatt energi listrik pada 2030.

Baca juga: UEA Siapkan Anjing untuk Deteksi Covid-19, Akurasi 92 Persen

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.