Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Peringatkan Bahaya Tantangan Squid Game Setelah Kasus Luka Bakar pada Anak Bermunculan

Kompas.com - 04/11/2021, 18:01 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

LONDON, KOMPAS.com - Dokter di Inggris melaporkan anak-anak dilarikan ke rumah sakit dengan luka bakar serius setelah mencoba untuk mengambil bagian dalam tantangan Squid Game di media sosial.

Melansir Newsweek pada Rabu (3/11/2021), tantangan populer itu mendorong orang untuk mencoba membuat permen Dalgona yang muncul di pertunjukan Squid Game.

Baca juga: Pendidik Jerman: Squid Game Harus Dijauhkan dari Anak-anak

Dalam serial populer Netflix tersebut, kontestan diharuskan memotong gulali tipis yang memiliki bentuk benda khusus di tengahnya menggunakan jarum.

Sementara tantangan online yang beredar di Inggris mendorong pengguna untuk membuat suguhan permen dalgona sendiri, menggunakan gula dan soda kue yang dipanaskan, sebelum kemudian mencoba mencetak dan memotong bentuknya.

Dokter di sebuah rumah sakit di Inggris melaporkan anak-anak menderita luka bakar serius saat mencoba membuat gulali, yang memiliki titik didih tinggi dan menempel di kulit.

Rumah Sakit Anak Birmingham mengatakan kepada BBC bahwa tren tersebut telah membuat mereka khawatir.

"Kami benar-benar khawatir setelah melihat beberapa anak dengan luka kulit yang sangat dalam karena melepuh, terkait dengan tren media sosial," kata Oliver Sawyer, seorang konsultan luka bakar dan ahli bedah plastik di rumah sakit Inggris.

"Mengingat titik didih zat yang sangat tinggi, luka bakar apa pun benar-benar berpotensi menyebabkan luka jaringan kulit yang serius."

"Kami menyarankan agar anak-anak didampingi oleh orang dewasa jika ingin menggunakan kompor atau pemanas yang berpotensi menyebabkan cedera serius," kata juru bicara rumah sakit.

Baca juga: Sekolah di New York Larang Murid Pakai Kostum Squid Game Saat Halloween

Cedera tantangan Squid Game tidak hanya muncul di Inggris, sebuah rumah sakit di Australia melaporkan cedera serupa. Menurut The Daily Telegraph, tiga anak dirawat di rumah sakit di Sydney dengan cedera akibat tantangan tersebut.

"Kami memiliki tiga kasus di sini dan dari rekan-rekan saya, saya pernah mendengar satu di Perth, satu di Melbourne juga," kata Dr Erik La Hei, penjabat kepala Burns di Jaringan Rumah Sakit Anak Sydney.

"Gula cair jauh lebih panas daripada air mendidih dan itu membuat luka bakar yang mengakibatkan luka sangat dalam hampir seketika, itu cukup berbahaya."

Aiden Higgie yang berusia 14 tahun adalah salah satu dari anak-anak yang terluka setelah melakukan tantangan tersebut. Insiden itu meninggalkannya dengan luka bakar tingkat tiga di kakinya.

Ketika itu dia melelehkan gula dalam cangkir yang tidak diperuntukkan untuk microwave. Akibatnya, wadah itu meledak dan campuran dalam cangkir mengenai tubuhnya.

"Ini sangat populer dan Aiden mencoba membuat ulang gulali dengan cetakan di atasnya, dia mencarinya di TikTok tentang cara membuatnya," kata ibu Helena Higgie kepada The Daily Telegraph.

Baca juga: Boneka Younghee dalam Squid Game Muncul di Korea Selatan, Warga Ikut Bermain

Halaman:
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com