Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara Minta Tolong Masih Terdengar dari Bawah Reruntuhan Gedung 21 Lantai di Nigeria

Kompas.com - 03/11/2021, 20:18 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

ABUJA, KOMPAS.com - Suara meminta tolong masih terdengar di bawah gundukan puing-puing dan logam bengkok dari gedung 21 lantai di Nigeria yang ambruk pada Selasa (2/11/2021).

Gedung itu diiklankan sebagai bangunan "Mewah di Langit", sebuah perumahan mewah bertingkat tinggi di daerah kelas atas Lagos, di mana apartemen dijual mulai dari 1,2 juta dollar AS (Rp 17 miliar) per unit.

Baca juga: Gedung 21 Lantai Ambruk di Nigeria, 6 Tewas, Puluhan Masih Hilang

Tetapi pada Senin (1/11/2021), bangunan setengah jadi di pusat ekonomi Nigeria ini menjadi tempat tragedi, setelah seluruh struktur runtuh dan menewaskan sedikitnya sepuluh orang.

Sembilan orang yang selamat sejauh ini telah ditarik dari reruntuhan, menurut Wakil Gubernur Negara Bagian Lagos, Obafemi Hamzat.

Tim darurat sekarang berlomba untuk menyelamatkan sejumlah orang yang tidak diketahui masih terjebak di bawah puing-puing, yang seharusnya menjadi bangunan yang menyuguhkan "pengalaman hotel bintang 7", menurut brosur dari pengembang bangunan Fourscore Homes.

Insiden itu telah menimbulkan kekhawatiran atas praktik konstruksi dan kontrol peraturan di Nigeria, di mana sejumlah bangunan runtuh dalam beberapa tahun terakhir.

Kejadian ini juga menimbulkan stres bagi puluhan penonton yang berkumpul di lokasi yang hancur pada Selasa (2/11/2021). Di antara mereka, kerabat yang putus asa yang dengan cemas menunggu kabar tentang orang yang mereka cintai.

Baca juga: Parodi Squid Game Versi Minim Bujet Buatan Anak-anak Nigeria Sukses Buat Kagum Netizen

Salah satu penontonnya, Farati Bakare, sedang menunggu kabar dari pamannya yang katanya kemarin mengunjungi lokasi tersebut.

Namun seiring berlalunya waktu, harapan mereka akan kabar baik juga memudar.

Ibrahim Farinloye, dari badan nasional yang mengoordinasikan operasi penyelamatan, mengatakan dia telah berbicara dengan orang-orang yang terperangkap di dalam reruntuhan gedung dan tetap berharap lebih banyak lagi akan dibawa keluar hidup-hidup.

"Kami mendengar suara-suara masuk dan keluar. Setelah berkomunikasi dengan mereka, kami beraksi. Dua ekskavator dikerahkan ke daerah itu," kata Farinloye kepada wartawan yang berkumpul di tempat kejadian Selasa (2/11/2021) melansir CNN.

Baca juga: Serangan Membabi Buta di Nigeria, 18 Orang Tewas

Kemarahan dan kebingungan

Seorang tukang batu, yang menyebut namanya sebagai Naga, mengaku sedang melakukan tugas ketika dia melihat bangunan itu runtuh.

Dia menggambarkan melihat mayat ditarik dari puing-puing, dan orang-orang tertutup debu setelahnya.

Dragon mengatakan setidaknya tujuh tukang batu lainnya yang masih hilang dalam bencana itu.

Orang hilang lainnya adalah Zainab Oyindamola Sanni, 26 tahun. Dia menjalankan layanan wajib pemuda nasional dengan FourScore, pengembang gedung, menurut keluarganya kepada CNN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com