Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Uji Coba Rudal Balistik Agni-5 dengan Jarak Tempuh 5.000 Km

Kompas.com - 29/10/2021, 08:11 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - India menguji rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir hingga 5.000 kilometer, kata Kementerian Pertahanan.

Uji coba rudal balistik ini dilakukan di tengah ketegangan dengan China mengenai konflik perbatasan.

Rudal Agni-5 meluncur dari Pulau Abdul Kalam di lepas pantai timur India pada Rabu malam (27/10/2021) dan jatuh ke Teluk Benggala.

Baca juga: AS Mengaku Tidak Tahu Cara Menghadapi Rudal Hipersonik China dan Rusia

"Uji coba yang berhasil ... sejalan dengan kebijakan yang dinyatakan India untuk memiliki 'pencegahan minimum yang kredibel' yang mendukung komitmen 'Tanpa Penggunaan Pertama' (senjata nuklir)," kata Kemenhan India yang dikutip AFP.

Rudal sepanjang 17 meter itu sudah diuji beberapa kali sebelumnya, tetapi belum pada malam hari. Media lokal mengatakan bahwa waktu pengujian ditujukan untuk mengirim sinyal ke Beijing.

Konflik China dan India meningkat sejak 20 tentara India tewas dalam bentrokan di perbatasan Himalaya yang disengketakan pada Juni 2020.

Kedua negara bertetangga yang sama-sama bersenjata nuklir itu kemudian memperkuat perbatasan dengan puluhan ribu tentara tambahan.

Adapun India memperdalam kerja sama pertahanan dengan negara-negara Barat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dalam aliansi Quad dengan Amerika Serikat, Jepang, dan Australia.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com