Kompas.com - 29/10/2021, 04:00 WIB
Pemimpin terburuk dari Kerajaan Skotlandia, Ratu Mary (1542-1567). [Via Wikimedia Commons] Via Wikimedia CommonsPemimpin terburuk dari Kerajaan Skotlandia, Ratu Mary (1542-1567). [Via Wikimedia Commons]

KOMPAS.com - Sejarah telah mencatat sejumlah pemimpin terburuk dunia yang pernah ada. Beberapa pemimpin menjadi terburuk karena kemampuan membunuh mereka tanpa pandang bulu, seperti Nero, Genghis Khan.

Kebijakan mereka yang salah perhitungan, seperti Louis XVI dari Perancis atau Tsar Nicholas II dari Rusia. Ada juga pemimpin yang tidak bertanggung jawab, seperti Kaisar Wilhelm II dari Jerman yang memicu Perang Dunia I.

Berikut daftar pemimpin terburuk dalam sejarah kuno dunia, seperti yang dilansir dari History Extra:

Baca juga: 10 Fakta Kaisar Nero, Pemimpin yang Jahat dari Kekaisaran Romawi

1. Pemimpin terburuk dari Kerajaan Romawi: Kaisar Gaius Caligula (12-41 M)

Pemimpin terburuk dari Kerajaan Romawi, Kaisar Caligula (12-41 M). [Via Wikimedia Commons]Via Wikimedia Commons Pemimpin terburuk dari Kerajaan Romawi, Kaisar Caligula (12-41 M). [Via Wikimedia Commons]

Kerajaan Romawi memiliki cukup banyak pemimpin yang terkenal buruk, salah satunya adalah Kaisar Gaius Caligula.

Kaisar Caligula dengan mengaku-ngaku dirinya adalah dewa dan memerintahkan membangun patung dirinya di Kuil Yahudi Yerusalem. Padahal orang Romawi biasanya hanya mengakui pendewaan setelah kematian orang tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan sifat narsistiknya, Kaisar Caligula menciptakan pemerintahan yang semena-mena. Ia memburu orang-orang yang menentangnya, menganggap mereka sebagai pengkhianat yang layak dibunuh di hadapan anak mereka.

Kaisar Caligula ini juga dikenal melakukan inses dengan para saudara perempuannya, bahkan yang sudah menikah.

Ia mempermalukan senat Romawi dengan mengangkat kuda kesayangannya menjadi penasihat pribadi dengan membangunkan istana dan memberikan pelayan kepadanya.

Kesalahan tak termaafkan dari pemimpin terburuk ini adalah membahayakan reputasi militer Roma saat kampanye militer melawan Jerman pada 40 M. Ia memerintahkan para budak menyamar menjadi orang Jerman untuk mengklaim kemenangan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.