Kompas.com - 27/10/2021, 10:51 WIB
Ilustrasi seorang suami membantu istrinya melahirkan. ThinkstockIlustrasi seorang suami membantu istrinya melahirkan.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Hampir semua negara, terutama negara kaya, memiliki kebijakan cuti berbayar nasional, misalnya untuk melahirkan.

Hingga Selasa (27/10/2021), AS adalah salah satu dari beberapa negara di dunia yang tidak memiliki cuti berbayar nasional, seperti dikutip New York Times.

Negara lainnya yang tidak memiliki kebijakan cuti berbayar selain AS adalah Papua Nugini, Suriname, dan beberapa negara kepulauan di Pasifik Selatan.

Baca juga: Australia Kekurangan Petani, PNS Ditawari Cuti Berbayar untuk Bantu Panen

Namun, negara kaya ini mungkin segera mengubah kebijakannya. Disebutkan oleh New York Times, Kongres sekarang sedang mempertimbangkan 4 minggu cuti keluarga dan medis yang dibayar.

Meski durasinya dipotong dari 12 minggu yang awalnya diusulkan dalam rencana anggaran Demokrat.

Jika rencana tersebut menjadi undang-undang, negara kaya ini tidak akan lagi berada dalam daftar negara tanpa cuti berbayar nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut data dari Pusat Analisis Kebijakan Dunia di University of California, Los Angeles, dari 185 negara yang menawarkan cuti berbayar untuk ibu baru, hanya Eswatini (dulu disebut Swaziland), menawarkan kurang dari 4 minggu.

Baca juga: Warga Ibu Kota Rusia Akan Diberi Cuti Berbayar guna Redam Lonjakan Covid-19

Dari 174 negara yang menawarkan cuti berbayar untuk masalah kesehatan pribadi, hanya 26 yang menawarkan 4 minggu atau kurang.

Secara global, rata-rata cuti hamil yang dibayar untuk seorang ibu (maternity leave) adalah 29 minggu, dan untuk seorang ayah (paternity leave) adalah 16 minggu, menurut data dari pusat tersebut.

Dari orang-orang yang mengambil cuti tidak dibayar di AS, lebih dari setengahnya melakukan tetap cuti karena mempertimbangkan masalah kesehatan mereka sendiri.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.