Kompas.com - 25/10/2021, 15:37 WIB
Pertemuan Konselor Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Derek Chollet dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada Kamis (21/10/2021) di Jakarta. US EMBASSY & CONSULATES IN INDONESIAPertemuan Konselor Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Derek Chollet dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada Kamis (21/10/2021) di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Kamis (21/10/2021) Konselor Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Derek Chollet berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri sejumlah pertemuan tingkat tinggi, selepas kunjungannya ke Thailand dan Singapura.

Kunjungan Konselor Chollet disebut mempererat kerja sama dengan Indonesia sebagai teman dan mitra kunci di Asia Tenggara, menegaskan sentralitas ASEAN dan peran ASEAN dalam stabilitas kawasan, serta membahas krisis di Myanmar.

Konselor Chollet didampingi oleh Wakil Asisten Menlu untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Kin Moy, dan Wakil Asisten Administrator USAID Craig Hart.

Baca juga: KJRI Sydney Fasilitasi Kerja Sama Penempatan Pekerja Migran Indonesia ke Australia

“Amerika Serikat dan Indonesia telah meningkatkan kerja sama dalam berbagai sektor penting, termasuk keamanan siber, antiterorisme, keamanan maritim, serta bantuan kemanusiaan dan tanggap bencana,” ujar Konselor Chollet, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

“Kami terus menegaskan kembali dan memperkuat kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia, terutama saat kita bekerja bersama untuk menanggulangi pandemi Covid-19 dan mendorong Indo-Pasifik yang lebih damai, stabil, sejahtera, dan sehat,” imbuhnya.

Dalam pertemuan-pertemuan ini, delegasi AS mendiskusikan peluang untuk memperdalam keterlibatan AS di Asia Tenggara, dan peluang bagi AS untuk bekerja erat dengan Indonesia dan ASEAN serta anggota-anggotanya untuk mengatasi sejumlah tantangan yang paling mendesak di kawasan, termasuk pemulihan ekonomi yang kuat pasca-Covid serta melawan perubahan iklim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyambung kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris baru-baru ini ke Asia Tenggara, kunjungan Konselor Chollet menggarisbawahi komitmen AS terhadap tatanan internasional berbasis aturan di seluruh kawasan.

Baca juga: Indonesia-Belanda-Pasifik Kembangkan Kerja Sama Tangkal Perubahan Iklim

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.