Kompas.com - 23/10/2021, 18:02 WIB
Pemimpin junta militer Myanmar, Min Aung Hlaing, (27/3/2021). AP via DW INDONESIAPemimpin junta militer Myanmar, Min Aung Hlaing, (27/3/2021).

NAYPYIDAW, KOMPAS.com – Junta militer Myanmar tak terima karena ASEAN tidak mengundang tokoh politik dalam KTT yang akan digelar beberapa hari lagi.

Junta militer Myanmar menolak keputusan ASEAN yang memutuskan hanya mengundang tokoh non-politik dalam KTT yang digelar pada 26 hingga 28 Oktober ini.

Namun, masih belum jelas siapa pastinya yang akan diundang dalam pertemuan tingkat tinggi ASEAN tersebut sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Junta Militer Salah Urus Myanmar, Perekonomian Bergejolak

Kementerian Luar Negeri Myanmar yang dikomandoi junta militer mengatakan, kepala negara atau pemerintah Myanmar memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam KTT ASEAN.

“Myanmar tidak akan menerima hasil apapun dari diskusi dan keputusan yang bertentangan dengan ketentuan, tujuan, dan prinsip-prinsip Piagam ASEAN," kata Kementerian Luar Negeri Myanmar dalam rilisnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, ASEAN memutuskan untuk tidak mengundang tokoh politik dalam pertemuan tingkat tingginya.

Keputusan itu disepakati setelah para menteri luar negeri negara-negara anggota ASEAN menggelar pertemuan beberapa hari lalu.

Baca juga: Junta Myanmar Akan Bebaskan Lebih dari 5.000 Orang yang Dipenjara akibat Demo Kudeta

Sejak militer Myanmar melakukan kudeta dan menahan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi, negara tersebut dilanda kekacauan.

Menurut PBB, lebih dari 1.000 warga sipil telah dibunuh oleh pasukan keamanan Myanmar dan ribuan orang telah ditangkap.

Junta Myanmar mengatakan jumlah korban tewas itu dilebih-lebihkan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.