Kompas.com - 22/10/2021, 12:15 WIB
Perdana Menteri Bangladesh Hasina Wajed. (AFP/Jewel Samad) Perdana Menteri Bangladesh Hasina Wajed. (AFP/Jewel Samad)

KOMPAS.com - Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed, lahir 28 September 1947 di Tungipara, Pakistan Timur (sekarang Bangladesh).

Politisi dan pemimpin Liga Awami ini dua kali menjabat sebagai perdana menteri Bangladesh, yakni pada 1996-2001 dan 2009 hingga sekarang.

Baca juga: Edit Foto Perdana Menteri Bangladesh, Pria Ini Dihukum 7 Tahun Penjara

Dilansir Britannica, perempuan berumur 74 tahun ini adalah putri Sheikh Mujibur Rahman, pemimpin utama pemisahan Bangladesh dari Pakistan pada tahun 1971.

Pada tahun 1968, ia menikah dengan MA Wazed Miah, seorang ilmuwan Bengali terkemuka.

Saat berada di Universitas Dhaka pada akhir 1960-an, ia aktif dalam politik dan menjabat sebagai penghubung politik ayahnya selama dipenjara pemerintah Pakistan.

Hasina dan anggota keluarganya yang lain juga ditahan pada tahun 1971 karena partisipasi mereka dalam pemberontakan selama perang pembebasan, yang akhirnya mengarah pada kemerdekaan Bangladesh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bertemu Menlu Bangladesh, Retno Tegaskan Komitmen Indonesia Bantu Tangani Isu Rohingyap

Pada tanggal 15 Agustus 1975, ayah Hasina yang baru beberapa bulan menjadi presiden Bangladesh, beserta ibu dan tiga saudara laki-lakinya, dibunuh di rumah mereka oleh beberapa perwira militer.

Hasina, yang berada di luar negeri ketika pembunuhan terjadi, kemudian menghabiskan enam tahun di pengasingan.

Selama waktu itulah dia terpilih untuk memimpin Liga Awami, yang didirikan oleh ayahnya dan sejak itu menjadi organisasi politik terbesar di Bangladesh.

Sekembalinya ke rumah pada tahun 1981, Hasina menjadi pendukung demokrasi yang menonjol dan blak-blakan, yang mengakibatkan dia ditempatkan di tahanan rumah.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Britannica
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.