Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Elizabeth II Istirahat Beberapa Hari karena Alasan Medis

Kompas.com - 21/10/2021, 11:53 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II membatalkan perjalanan yang direncanakan ke Irlandia Utara dengan alasan medis, kata Istana Buckingham pada Rabu (20/10/2021).

Petugas kerajaan mengatakan, Ratu Elizabeth II (95) "dengan berat hati menerima saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari ke depan".

Kantor berita Press Association Inggris mengatakan, keputusan itu dipahami tidak terkait dengan virus corona, dan Ratu Elizabeth II beristirahat di Kastil Windsor, sebelah barat London.

Baca juga: Cari Petugas Kebersihan untuk Istana, Ratu Elizabeth Tawarkan Gaji Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

Ratu Elizabeth II juga dijadwalkan menghadiri acara KTT perubahan iklim PBB mendatang di Glasgow bulan depan, tambahnya.

Sang Ratu yang merupakan pemimpin kerajaan terlama di Inggris - pindah ke Windsor pada Maret tahun lalu ketika wabah virus corona mulai merebak.

Keputusan dibuat untuk mengasingkan diri mengingay peningkatan risiko infeksi karena usianya, meskipun Ratu Elizabeth II telah divaksinasi.

Ratu Elizabeth II juga terus melanjutkan penampilannya di publik sejak pemakaman mendiang suaminya, Pangeran Philip pada April, baik sendiri atau ditemani oleh bangsawan senior lainnya.

Pada Selasa (19/10/2021), Ratu Elizabeth II menjadi tuan rumah resepsi di Windsor untuk para pemimpin bisnis internasional, yang menghadiri KTT investasi pemerintah dan menerima dua duta besar melalui tautan video.

Pernyataan istana terbaru pasti akan menimbulkan kekhawatiran akan kesehatan Ratu Elizabeth II, meskipun dia tampil dengan semangat yang baik di acara-acara hari Selasa.

Baca juga: Kali Pertama di Acara Besar, Ratu Elizabeth II Gunakan Tongkat Jalan

Ratu terlihat untuk pertama kalinya di acara publik besar menggunakan tongkat, meskipun petugas kerajaan mengatakan itu tidak terkait dengan kondisi kesehatan apa pun.

"Yang Mulia bersemangat dan kecewa karena dia tidak lagi dapat mengunjungi Irlandia Utara, di mana dia seharusnya melakukan serangkaian pertemuan" pada Kamis (21/10/2021) dan Jumat (22/10/2021), kata istana yang dikuti[ AFP.

"Sang Ratu mengirimkan harapan baiknya yang terhangat kepada orang-orang Irlandia Utara, dan berharap dapat berkunjung kelak."

Kebaktian gereja untuk menandai peringatan 100 tahun pembentukan Irlandia Utara akan berlangsung di kota perbatasan Armagh pada Kamis.

Ratu Elizabeth II menggantikan ayahnya, Raja George VI, pada 1952 dan tahun depan merayakan Platinum Jubilee-nya untuk menandai 70 tahun bertakhta.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Terjebak dalam Skandal Pandora Papers

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com