Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2021, 20:12 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

HONG KONG, KOMPAS.com - Media asal Hong Kong, South China Morning Post (SCMP), pada Senin (18/10/2021) menyebut China tercengang setelah Indonesia juara Piala Thomas 2020.

"Juara bertahan China tercengang di final Piala Thomas pada Minggu setelah dikalahkan telak 3-0 oleh Indonesia di Aarhus, Denmark," tulis SCMP.

Dalam artikel berjudul China stunned in Thomas Cup final as Indonesia end 19-year wait for glory, dikatakan juga bahwa Indonesia mengakhiri puasa gelar Piala Thomas sejak 2002.

Baca juga: Media Asing Ramai Beritakan Indonesia Juara Piala Thomas 2020

SCMP lalu menjabarkan jalannya final Piala Thomas 2020, mulai dari Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Lu Guangzu di laga pembuka.

Ginting mengalahkan pengganti Shi Yuqi yang cedera itu dengan skor 18-21, 21-14, 21-16.

Selanjutnya, pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangi pertandingan kedua dengan skor 21-12, 21-19 melawan duet He Jiting/Zhou Haodong.

Kemenangan Indonesia dipastikan oleh Jonatan Christie yang mengalahkan Li Shifeng di laga ketiga dengan skor 21-14, 18-21, 21-14.

"Sebelum menjuarai Piala (Thomas), Indonesia sudah dua kali nyaris merebut gelar, di China pada 2010 dan di Denmark pada 2016, sebelum mengalami kekecewaan di final," tulis SCMP di penutup artikel.

"Kekalahan China menghentikan laju mereka menyapu bersih Piala Thomas dan Uber untuk pertama kalinya sejak 2012, setelah putri China mengalahkan Jepang 3-1 pada Minggu untuk merebut Piala Uber."

Baca juga: Kenapa di Malaysia Banyak Orang China dan Pakai Nama Asli? Ini Sejarahnya...


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com