Tersangka Tewasnya Emiliano Sala akibat Kecelakaan Pesawat Mengaku Bersalah

Kompas.com - 19/10/2021, 10:47 WIB
Striker anyar Cardiff City, Emiliano Sala saat dikenalkan pada Sabtu (19/1/2019).
TWITTER.COM/EmilianoSala1Striker anyar Cardiff City, Emiliano Sala saat dikenalkan pada Sabtu (19/1/2019).

CARDIFF, KOMPAS.com - David Henderson (66) mengaku bersalah atas tuduhan yang terkait dengan kematian pesepak bola Argentina, Emiliano Sala, yang tewas dalam kecelakaan pesawat ringan pada 2019.

Laporan tersebut diumumkan oleh pengadilan Inggris setelah sesi dengar pendapat di sidang pada Senin (18/10/2021) yang diberitakan AFP.

Henderson mengakui satu tuduhan mencoba mengeluarkan penumpang tanpa izin atau otorisasi yang sah, sebelum persidangan di Cardiff.

Baca juga: Babak Baru Emiliano Sala, FIFA Minta Cardiff Bayar Nantes Rp 93 Miliar

Tuduhan itu biasanya menyangkut operator bisnis yang gagal memperoleh lisensi layak untuk menyewa pesawat secara komersial.

Dia akan diadili dengan tuduhan terpisah membahayakan keselamatan pesawat terbang, yang dibantahnya. Setelah pemilihan juri, kasus itu ditunda hingga Selasa sore (19/10/2021).

Henderson, yang didakwa dengan kedua pelanggaran tahun lalu, diduga mengatur penerbangan untuk membawa Sala, mantan penyerang Nantes dari Perancis ke Cardiff, untuk memulai latihan perdananya dengan klub yang saat itu berada di Liga Premier Inggris.

Namun, pesawat jatuh ke laut dekat pulau Guernsey di Channel, menewaskan Emiliano Sala (28) dan pilot David Ibbotson (59).

Pada sidang pengadilan sebelumnya, dituduh bahwa Ibbotson tidak memiliki izin menerbangkan pesawat secara komersial, dan ia tak lagi memiliki sertifikasi untuk menerbangkan pesawat Piper Malibu yang jatuh itu.

Emiliano Sala memecahkan rekor transfer termahal Cardiff City dengan biaya 15 juta pounds, yang disepakati dengan Nantes saat bursa transfer Januari.

Setelah melakukan perjalanan ke Cardiff untuk menyelesaikan kesepakatan, Sala kembali ke Perancis guna mengumpulkan barang-barang dan mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekan setimnya di Nantes.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.