Kompas.com - 19/10/2021, 08:01 WIB
Ghazwan al-Zawbaee ketika diapit dua pria bersenjata. Zawbaee merupakan otak serangan bom bunuh diri di Baghdad pada 2016 yang membunuh 300 orang. Dia ditangkap dalam operasi intelijen Irak yang melibatkan negara lain. YEHIA RASOOL via BBCGhazwan al-Zawbaee ketika diapit dua pria bersenjata. Zawbaee merupakan otak serangan bom bunuh diri di Baghdad pada 2016 yang membunuh 300 orang. Dia ditangkap dalam operasi intelijen Irak yang melibatkan negara lain.

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pemerintah Irak menyatakan menangkap otak serangan bom bunuh diri paling mematikan di Baghdad pada 2016.

Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi mengumumkan, Ghazwan al-Zawbaee ditangkap dalam operasi intelijen yang terjadi di luar Irak.

Dia menuding Zawbaee sebagai tersangka utama di balik ledakan yang terjadi di Distrik Karrada maupun tempat lainnya.

Baca juga: ISIS Klaim Dalangi Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah Afghanistan

Serangan bom bunuh diri yang menewaskan 300 orang itu merupakan insiden paling mematikan di Irak, sejak invasi AS pada 2003.

Sebuah truk yang berisi bom meledak di samping pusat perbelanjaan, ketika warga menikmati malam selepas berbuka puasa.

Dilansir BBC Senin (18/10/2021), kebanyakan korban tewas terjadi karena api yang membakar pusat perbelanjaan pasca-truk meledak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Membawa para pelaku yang sudah menumpahkan darah rakyat merupakan tugas negara," tegas Kadhimi saat mengumumkan penangkapan Zawbaee.

Kadhimi tidak menjelaskan kapan Zawbaee ditangkap. Tapi dua sumber Baghdad kepada AP berujar, mereka bekerja sama untuk membekuknya.

Zawbaee yang merupakan anggota Irak kemudian dibawa ke Irak sekitar dua hari yang lalu, demikian laporan AP.

Jenderal Yehia Rasool, juru bicara pasukan keamanan merilis foto seorang pria di samping dua orang bersenjata, matanya ditutup.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.