Kompas.com - 19/10/2021, 06:14 WIB
Ilustrasi rudal jatuh. UNSPLASH/NOELLEIlustrasi rudal jatuh.

BEIJING, KOMPAS.com - China pada Senin (18/10/2021) membantah laporan bahwa mereka baru-baru ini meluncurkan rudal hipersonik, dengan mengatakan pihaknya menguji pesawat luar angkasa untuk uji coba teknologi daur ulang.

The Financial Times pada Sabtu (16/10/2021) melaporkan, China meluncurkan rudal berkemampuan nuklir pada Agustus yang mengelilingi Bumi pada orbit rendah sebelum nyaris gagal mengenai targetnya.

Sumber-sumber Financial Times mengatakan, rudal hipersonik itu dibawa oleh roket Long March dan tes tersebut dirahasiakan.

Baca juga: China Uji Rudal Hipersonik Berkemampuan Nuklir, AS Terkejut

Namun, China kini membantah bahwa laporan itu tidak akurat dan latihan itu adalah uji teknologi yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi biaya peluncuran pesawat luar angkasa.

"Sepemahaman saya, tes ini adalah tes rutin pesawat luar angkasa, digunakan untuk menguji teknologi pesawat luar angkasa yang dapat digunakan kembali," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, kepada wartawan.

"Ini bisa memberikan cara yang nyaman dan murah bagi manusia untuk menggunakan luar angkasa demi tujuan damai," lanjutnya dikutip dari AFP

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ditanya langsung apakah laporan Financial Times tentang rudal tidak akurat, Zhao menjawab "ya".

Bersama dengan China, Amerika Serikat, Rusia, dan setidaknya lima negara lain sedang mengerjakan teknologi hipersonik.

Rudal hipersonik dapat terbang lebih dari lima kali kecepatan suara dan seperti rudal balistik dapat membawa hulu ledak nuklir.

Bedanya, rudal balistik terbang tinggi ke luar angkasa dalam bentuk busur untuk mencapai target mereka, sedangkan hipersonik terbang pada lintasan rendah di atmosfer, berpotensi mencapai target lebih cepat.

Baca juga: Mengenal Rudal Hipersonik dan Kenapa Diincar Banyak Negara

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.