Kompas.com - 18/10/2021, 14:33 WIB
Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing menyampaikan pidatonya pada konferensi IX Moskwa tentang keamanan internasional di Moskow, Rusia, Rabu, 23 Juni 2021. AP PHOTO/ALEXANDER ZEMLIANICHENKOPanglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing menyampaikan pidatonya pada konferensi IX Moskwa tentang keamanan internasional di Moskow, Rusia, Rabu, 23 Juni 2021.

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Junta militer Myanmar akan membebaskan lebih dari 5.000 orang yang dipenjara akibat demo kudeta, kata Jenderal Min Aung Hlaing pada Senin (18/10/2021).

Sebanyak 5.636 tahanan akan dibebaskan bersamaan dengan perayaan festival Thadingyut.

Pengumuman ini datang beberapa hari setelah Min Aung Hlaing dicoret dari KTT ASEAN 26-28 Oktober 2021.

Baca juga: Jenderal Min Aung Hlaing, Junta Militer Myanmar Dikeluarkan dari KTT ASEAN

Sejak kudeta Myanmar terjadi, lebih dari 1.100 warga sipil tewas akibat tindakan keras aparat, dan lebih dari 8.000 orang ditangkap menurut kelompok pemantau lokal.

Lebih dari 7.300 tahanan saat ini berada di balik jeruji besi di seluruh negeri, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik yang dikutip AFP.

Kepala junta tidak memberikan rincian tentang siapa yang akan dimasukkan dalam daftar, dan otoritas penjara tidak menanggapi permintaan komentar dari AFP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Otoritas Myanmar sempat membebaskan lebih dari 2.000 pengunjuk rasa anti-kudeta dari penjara di seluruh negeri pada Juli, termasuk wartawan yang kritis terhadap pemerintah militer.

Mereka yang masih ditahan termasuk jurnalis Amerika Danny Fenster, yang dipenjara sejak 24 Mei.

Baca juga: Junta Militer Myanmar Ungkap Kekecewaan Setelah Pemimpinnya Didepak dari KTT ASEAN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.