British Airways Tak Lagi Sapa Penumpang "Ladies and Gentlemen" agar Netral Gender

Kompas.com - 11/10/2021, 12:32 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Inggris, British Airways, melarang pilot dan awak kabinnya mengucapkan ladies and gentlemen (tuan dan nyonya) agar lebih netral kepada semua penumpang.

Dengan tidak menyebut ladies and gentlemen, maka anak-anak dapat merasa disertakan saat pengumuman atau pemberitahuan di pesawat.

Maskapai-maskapai besar lainnya, seperti Lufthansa, EasyJet, dan Air Canada, juga sudah mengadopsi istilah yang netral gender.

Baca juga: Dampak Covid-19, British Airways Pensiunkan Seluruh Pesawat Boeing 747

Melansir Daily Mail pada Minggu (10/10/2021), Japan Airlines bahkan sudah menggunakan istilah netral gender sejak tahun lalu untuk menciptakan suasana positif dan memperlakukan semua orang dengan hormat.

Maskapai penerbangan Australia, Qantas, turut meluncurkan inisiatif 'Spirit of Inclusion' pada 2018 untuk mendorong staf agar tidak menggunakan istilah khusus gender.

Sementara itu, maskapai penerbangan Amerika Serikat, Delta Air Lines, akan segera mulai menggunakan sapaan netral gender selama pengumuman di pesawat untuk menciptakan suasana yang aman, nyaman, dan saling menghormati.

Juru bicara British Airways mengatakan, "Kami merayakan keragaman dan inklusi dan kami berkomitmen untuk memastikan bahwa semua pelanggan kami merasa diterima saat bepergian dengan kami."

Sir Martin Sorrell, pendiri biro iklan WPP, mengatakan kepada The Sunday Telegraph bahwa penumpang tidak lagi terganggu dengan penggunaan sapaan tradisional.

"Apakah itu baik atau tidak, itu pertanda zaman," katanya.

Baca juga: Ada Kawanan Semut, Maskapai Air India yang Bawa Pangeran Bhutan Gagal Terbang

British Airways musim panas ini diterpa kritik akibat tidak mengoperasikan troli minuman, dan menggantinya dengan kertas pemesanan atau aplikasi untuk memesan minuman di kelas ekonomi.

Pihak maskapai mengatakan, kebijakan tersebut untuk mengurangi beban pesawat dan limbah makanan.

Baca juga: 20 Maskapai Dinobatkan sebagai yang Teraman di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.