Kompas.com - 09/10/2021, 16:32 WIB
Tangkap layar alat peredam suara sepiker (kiri) dijual di China untuk membungkam geng nenek penari (kanan), yang sebagian besar terdiri dari wanita paruh baya dan lebih tua yang melestarikan Revolusi Kebudayaan, dengan turun ke sudut taman lokal atau lapangan olahraga dan menari bersama dengan musik keras. TAOBAO.COM via INSIDER (kiri)/ GUARDIAN via YOUTUBETangkap layar alat peredam suara sepiker (kiri) dijual di China untuk membungkam geng nenek penari (kanan), yang sebagian besar terdiri dari wanita paruh baya dan lebih tua yang melestarikan Revolusi Kebudayaan, dengan turun ke sudut taman lokal atau lapangan olahraga dan menari bersama dengan musik keras.

BEIJING, KOMPAS.com - Laporan gangguan publik terkait kelompok nenek penari telah membuat pemerintah China memberlakukan denda polusi suara di wilayahnya.

Namun, sejumlah warga nampaknya bertindak lebih jauh dengan secara langsung membeli alat peredam suara untuk membungkam kelompok itu.

Baca juga: Kapal Selam AS Rusak Setelah Tabrakan di Laut Cina Selatan, China Minta Penjelasan

Hampir setiap malam atau dini hari di China, adalah hal biasa untuk melihat sekelompok besar wanita tua membanjiri taman dan alun-alun untuk menari.

Ritual ini terkait dengan kebiasaan yang diterapkan pada Revolusi Kebudayaan 1960-an. Kegiatan ini telah terbukti menjadi cara populer bagi orang tua untuk berolahraga dan bersosialisasi.

Tetapi banyak yang mengatakan nenek-nenek yang menari memainkan musik mereka terlalu keras.

Masalah itu telah menyebabkan pertengkaran, kekerasan, dan keluhan kebisingan yang meluas, bahkan penangkapan, menurut laporan The Guardian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Populer Global: Pemilik Baru Newcastle United | Kapal Selam AS Tabrak Obyek Tak Dikenal di Laut China Selatan

Sekarang, penentang para nenek penari itu mengatakan mereka menggunakan alat seharga 40 dollar AS (Rp 570.274) untuk mematikan speaker wanita dari jauh.

Melansir Insider pada Jumat (8/10/2021), beberapa daftar alat peredam suara itu dijual di Taobao, situs e-commerce China.

Seorang pengguna yang mengulas produk itu menulis bahwa teknologi tersebut "sangat andal".

Sekarang mereka bahkan "tidak perlu berdebat dengan kelompok nenek penari di taman yang tidak masuk akal" yang "berkeliaran seperti bandit."

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.