Indonesia, Korea Utara, dan Thailand Tidak Patuh WADA, Apa Akibatnya?

Kompas.com - 08/10/2021, 13:44 WIB
Ilustrasi olahraga lari moodboardIlustrasi olahraga lari

MONTREAL, KOMPAS.com - Indonesia, Korea Utara, dan Thailand pada Kamis (7/10/2021) dinyatakan tidak patuh oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

WADA adalah badan independen internasional yang memiliki misi untuk memimpin gerakan kolaboratif di seluruh dunia agar olahraga bebas doping.

Baca juga: Taliban Larang Wanita Terjun ke Olahraga, Alasannya Wajah dan Tubuhnya Terbuka

Lalu, apa akibat dari pernyataan WADA tersebut? Hal itu membuat ketiga negara tersebut mendapatkan penangguhan terkait kejuaraan olahraga.

Ketiga negara tidak memenuhi syarat untuk diberikan hak menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat regional, kontinental, atau dunia, seperti yang dilansir dari Reuters pada Kamis (7/10/2021).

Perwakilan dari Indonesia, Korea Utara, dan Thailand juga tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite sampai penangguhan dipulihkan, setidaknya setahun kemudian.

Sementara itu, atlet dari Indonesia, Korea Utara, dan Thailand masih diberi izin untuk mengikuti kejuaraan tingkat regional, kontinental, dan dunia.

Baca juga: 4 Fakta Unik Badminton, Olahraga Raket Tercepat di Dunia

Namun, bendera nasional Indonesia, Korea Utara, dan Thailand tidak akan dikibarkan, selain di Olimpiade.

WADA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Badan Anti-Doping Nasional (NADO) Korea Utara dan Indonesia dinyatakan tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif.

Sedangkan Thailand, dianggap tidak patuh karena gagal menerapkan sepenuhnya Kode Anti-Doping 2021.

Baca juga: Kecanduan Olahraga, Tubuh Gadis Ini Jadi Kurus Kering dan Hampir Meninggal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.