Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Tanda Tangani Rancangan Bujet Negara, AS Lolos dari "Shutdown"

Kompas.com - 01/10/2021, 10:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - AS lolos dari shutdown di menit-menit akhir setelah Presiden Joe Biden menandatangani rancangan bujet negara hingga akhir tahun.

Kongres AS menyepakati rancangan anggaran sebelum 30 September berakhir, yang bisa menyebabkan museum, taman nasional, atau program keamanan ditutup.

Pendanaan itu juga akan menyokong bantuan bagi mereka yang terdampak bencana alam, dan penanganan pengungsi Afghanistan.

Baca juga: Biden Jamin Tak Ada Shutdown Nasional meski Kasus Covid-19 Meningkat

Biden dilaporkan menandatangani aturan itu begitu disahkan, beberapa jam sebelum shutdown mulai berlaku.

"Banyak hal yang harus dikerjakan, tapi pengesahan aturan ini membuktikan kesepakatan bipartisan memungkinkan," kata dia.

Aturan bujet yang sudah ditandatangani memastikan semua badan pemerintah tidak ditutup, dengan ratusan pegawainya tetap mendapatkan gaji mulai Jumat (1/10/2021).

Jika sampai terjadi penutupan layanan pemerintahan, salah satu sektor yang paling terpukul adalah kesehatan.

Kementerian Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan (HHS) sempat membuat rencana, mereka terpaksa merumahkan 43 persen karyawannya jika terjadi shutdown, dikutip BBC.

Padahal, saat ini seluruh dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19, dengan AS menjadi negara yang paling terdampak.

Baca juga: Cegah Shutdown Terulang, Republik dan Demokrat Ambil Jalan Tengah

Pada Rabu malam waktu setempat (29/9/2021), politisi Demokrat dan Republik di Senat memastikan pemerintahan berjalan hingga 3 Desember.

Rancangan tersebut lolos di Senat pada Kamis (30/9/2021) dengan perbandingan suara 65 melawan 35, dengan 15 Republikan mendukung.

Di majelis yang lebih rendah atau DPR AS, bujet sementara bernama resolusi berkelanjutan itu disahkan dengan 254 banding 175.

Rancangan itu lolos setelah sepekan penuh kedua kubu bergulat mendiskusikannya, terutama menyangkut agenda ekonomi Biden.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi menerangkan pada Kamis, dia akan mulai membahas pemilihan rancangan anggaran infrastruktur yang mencapai 1 triliun dollar AS.

Setengahnya, atau 55 miliar dollar AS, akan dipergunakan untuk jalan, jembatan, internet, dan kepentingan domestik lainnya.

Baca juga: Trump Tak Ingin Singkirkan Opsi Shutdown ataupun Darurat Nasional

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com