Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Diterjang Gelombang Keempat Covid-19, Kematian Harian Catat Angka Tertinggi

Kompas.com - 29/09/2021, 15:52 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mencatat angka kematian Covid-19 harian tertinggi selama lonjakan infeksi, yang dipicu oleh varian Delta yang sangat menular, dan upaya vaksinasi massal yang gagap.

Pada Selasa (28/9/2021), pihak berwenang Rusia melaporkan 852 kematian dalam 24 jam sebelumnya. Angka tertinggi sebelumnya untuk satu hari adalah 828 kematian, dilaporkan pada 24 September.

Baca juga: Rekaman dalam Pesawat Rusia, Sempat Jatuh Bebas dan Tersambar Petir di Tengah Badai Hebat

Secara keseluruhan, Rusia mencatat lebih dari 205.000 kematian akibat Covid-19 sejak pandemi dimulai, menurut angka resmi.

Penghitungan tersebut mewakili jumlah kematian tertinggi di Eropa, dan tertinggi kelima secara global.

Sekarang kekhawatiran meningkat ketika gelombang keempat infeksi berlangsung, berminggu-minggu setelah jutaan siswa Rusia kembali ke sekolah dan perguruan tinggi.

Sejak Kamis (23/9/2021), gugus tugas virus corona negara bagian melaporkan lebih dari 21.000 kasus harian baru, naik dari rata-rata sekitar 18.000 pada pertengahan September.

Pihak berwenang mendaftarkan 21.559 infeksi baru pada Selasa (29/9/2021), turun dari 22.236 yang dilaporkan pada Senin (28/9/2021) melansir Al Jazeera.

Baca juga: 3 Su-35 Rusia Kuntit Bomber Strategis AS di Samudra Pasifik

Meskipun beban kasus meningkat, hanya sedikit pembatasan publik nasional telah diberlakukan. Rusia memiliki satu masa penguncian Covid-19 awal tahun ini, dengan periode selama enam minggu.

Pihak berwenang di ibu kota Moskwa telah memperketat kontrol atas penggunaan wajib masker di tengah kekhawatiran tentang peningkatan infeksi.

Wakil Wali Kota Moskwa Anastasia Rakova mengatakan varian Delta sekarang bertanggung jawab atas semua kasus di kota.

Tingkat vaksinasi tetap rendah di Rusia dibandingkan dengan sebagian besar negara Eropa. Hanya 32 persen dari 146 juta penduduk negara itu yang divaksinasi sebagian dan 28 persen divaksinasi sepenuhnya.

Kremlin awalnya menetapkan target untuk sepenuhnya menginokulasi 60 persen populasi Rusia pada September. Tetapi target itu kemudian diturunkan, meskipun vaksin gratis telah tersedia sejak awal Desember.

Baca juga: Soal Taliban, Rusia Mengaku Sepakat dengan AS, China, dan Pakistan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com