Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandidat Kuat Perdana Menteri Baru Jepang, Taro Kono Vs Fumio Kishida

Kompas.com - 29/09/2021, 14:51 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Partai berkuasa Jepang memilih pemimpin baru pada Rabu (29/9/2021) dengan dua kandidat kuat untuk menjadi perdana menteri, yaitu mantan menteri luar negeri dan kepala vaksin.

Partai Demokrat Liberal (LDP) akan pergi ke tempat pemungutan suara dengan Yoshihide Suga yang mengundurkan diri setelah hanya satu tahun menjabat sebagai perdana menteri, seperti dilansir AFP pada Rabu (29/9/2021).

Siapa pun yang menang akan disetujui sebagai perdana menteri oleh parlemen dalam beberapa hari, dan kemudian akan mengikuti pemilihan umum di mana LDP diperkirakan akan mempertahankan kekuasaan.

Perlombaan untuk menjadi perdana menteri berikutnya di negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia kali ini luar biasa ketat karena sebagian besar faksi kuat partai tidak mendukung seorang kandidat pun, dan membiarkan anggotanya memilih dengan bebas.

Baca juga: Ada Gambar Kim Jong Un di Area Prostitusi Jepang, Bisa Anda Temukan yang Mana?

Empat politisi sedang mencalonkan diri, dua pria dan dua wanita, peristiwa lain yang tidak biasa di negara yang tidak pernah memiliki perdana menteri wanita dan beberapa tokoh politik wanita terkemuka.

Perlombaan diperkirakan akan turun ke mantan menteri luar negeri Fumio Kishida, yang kalah dari Suga pada 2020, dan kepala peluncuran vaksin Taro Kono, salah satu politisi paling terkenal di Jepang.

Pemain sayap kanan Hawkish Sanae Takaichi dilaporkan berada di urutan ketiga.

Sementara itu, mantan menteri kesetaraan gender feminis, Seiko Noda, telah mengakui bahwa dia tidak berharap untuk unggul dalam pemungutan putaran pertama.

Pemungutan suara awal pada Rabu sore akan melibatkan 382 anggota parlemen LDP dan jumlah suara anggota partai yang sama.

Namun, jika tidak ada kandidat yang mengamankan mayoritas, dua teratas akan maju ke putaran kedua langsung yang melibatkan 382 anggota parlemen dan satu perwakilan partai dari masing-masing 47 wilayah Jepang.

Baca juga: Bandara Narita Jepang Tutup Landasan gara-gara Ada Kura-kura Menyeberang

Calon perdana menteri Jepang: Kono vs Kishida

Menteri reformasi administrasi Taro Kono adalah paling populer di publik, sebagian mencerminkan namanya yang kuat.

Kono adalah seorang mantan menteri pertahanan dan luar negeri, ia telah dianggap sebagai calon kuat perdana menteri Jepang yang mungkin menjabat dalam waktu panjang.

Dia menyukai gaya komunikasi langsung yang berbeda dari pendekatan hati-hati yang disukai oleh politisi Jepang pada umumnya.

Ia juga sosok populer di media sosial dengan lebih dari 2 juta orang yang mengikuti akun Twitter Jepang-nya.

Namun, dia juga digambarkan sebagai orang yang kasar, dan mendapat kritik karena memblokir orang-orang di Twitter. Beberapa tabloid lokal juga menuduhnya menindas birokrat.

Baca juga: Putri Jepang Ini Bakal Bayar Rp 19,3 Miliar demi Melepas Status Kebangsawanannya

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com