Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Tahun Jadi Kanselir Jerman, Apa yang Dilakukan Merkel Setelah Pensiun?

Kompas.com - 29/09/2021, 13:49 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Pemilu Jerman sudah dilaksanakan, ini berarti tinggal menunggu masa-masa hingga Kanselir Jerman Angela Merkel selesai menjabat. Setelah menjadi kanselir selama 16 tahun, apa yang selanjutnya akan dilakukan Merkel?

Merkel senang membuat sup kentang dan memanggang kue prem dengan topping mentega. Hidangan ini jadi makanan khas di Jerman selama musim gugur, tetapi Merkel tidak akan punya waktu untuk menyiapkannya dalam waktu dekat.

Setelah Pemilu Jerman 2021, Merkel tidak lantas selesai dari tugasnya. Dia akan tetap menjabat sebagai juru kunci sampai pemerintahan baru terbentuk.

Baca juga: Hasil Pemilu Jerman 2021, Ini Reaksi Para Pemimpin Dunia

Membaca dan tertidur sejenak

Selama kunjungan ke Washington DC pada Juli, Angela Merkel ditanya bagaimana dia membayangkan masa pensiunnya. Meskipun sempat mengelak menjawabnya, kali ini dia memberi tahu bahwa dirinya akan istirahat dulu dan tidak menerima undangan apa pun.

Merkel mengatakan harus menerima bahwa tugas-tugas sebelumnya akan dilakukan oleh orang lain seraya menambahkan, "saya pikir saya akan sangat menyukai ini."

Di waktu senggangnya, Merkel mengatakan ingin memikirkan apa yang benar-benar menarik minatnya. Tentu saja, ini karena dirinya memiliki sedikit ruang untuk melakukan itu selama 16 tahun terakhir.

Kanselir yang baru saja dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh Universitas Johns Hopkins itu menambahkan sambil tersenyum, "Setelah itu, mungkin saya akan mencoba membaca sesuatu, lalu mata saya akan mulai terpejam karena lelah, lalu saya akan tidur sebentar, dan kemudian kita lihat di mana saya terbangun."

Baca juga: Menang Tipis, Calon Kanselir Jerman Ini Bersiap Membentuk Koalisi Pemerintahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya pensiunnya aman

Bisakah seseorang yang selama puluhan tahun terbiasa merencanakan kegiatan setiap hari dari pagi hingga larut malam dan memikul tanggung jawab yang sangat besar, beralih dari satu hari ke hari berikutnya tanpa kegiatan itu lagi?

"Anda baru menyadari apa yang akan Anda lewatkan ketika Anda tidak lagi memilikinya," kata Angela Merkel baru-baru ini di Berlin.

Angela Merkel berusia 67 tahun pada 17 Juli 2021. Dia tidak perlu khawatir terhadap keuangannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+