Kompas.com - 28/09/2021, 07:16 WIB
Duta Besar Afghanistan untuk PBB, Ghulam Isaczai, saat berbicara dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang situasi Afghanistan, di markas PBB, New York, pada 16 Agustus 2021. AFP PHOTO/TIMOTHY A CLARYDuta Besar Afghanistan untuk PBB, Ghulam Isaczai, saat berbicara dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang situasi Afghanistan, di markas PBB, New York, pada 16 Agustus 2021.

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Duta Besar Afghanistan untuk PBB, Ghulam Isaczai, menarik diri dari agenda menyampaikan pidato di Sidang Umum PBB.

Pengunduran diri Dubes Afghanistan itu disampaikan juru bicara PBB pada Senin malam (27/9/2021) waktu setempat.

Ghulam Isaczai yang mewakili rezim presiden Ashraf Ghani yang digulingkan bulan lalu, sebenarnya dijadwalkan menentang Taliban dengan pidato, tetapi namanya tak ada di daftar pembicara Senin pagi.

Baca juga: Jokowi Pidato di Sidang Umum PBB, Ini Harapan Indonesia kepada Dunia...

"Negara (Afghanistan) menarik partisipasinya dalam debat umum," ujar Monica Grayley, juru bicara presiden Sidang Umum PBB, kepada AFP.

Dia menambahkan, utusan Afghanistan untuk PBB tidak menyebutkan alasan penarikan tersebut.

Taliban pekan lalu menulis surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, meminta agar menteri luar negeri barunya, Amir Khan Muttaqi, diizinkan untuk berpartisipasi.

Surat itu menegaskan bahwa Ghulam Isaczai tidak lagi mewakili Afghanistan di PBB, dan Taliban mencalonkan juru bicara mereka yang berbasis di Doha, Suhail Shaheen, sebagai perwakilan tetap Afghanistan untuk PBB.

Surat Taliban dikirim setelah Guterres menerima surat terpisah dari Isaczai, tertanggal 15 September, yang berisi daftar delegasi Afghanistan untuk sesi tersebut.

Di surat tersebut nama Ghulam Isaczai tercantum sebagai wakil tetap Afghanistan.

PBB sendiri masih memgakui Ghulam Isaczai sebagai duta besar dari Afghanistan.

Adapun Dubes Afghanistan Ghulam Isaczai belum berkomentar soal penarikan dirinya di Sidang Umum PBB.

Baca juga: Joe Biden Dukung Palestina Merdeka dalam Sidang Umum PBB

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.