Kompas.com - 26/09/2021, 16:31 WIB
Para pendukung Houthi membawa senjata saat menghadiri peringatan tujuh tahun pengambilalihan ibu kota Yaman, Sanaa, pada Selasa (21/9/2021). AP PHOTO/HANI MOHAMMEDPara pendukung Houthi membawa senjata saat menghadiri peringatan tujuh tahun pengambilalihan ibu kota Yaman, Sanaa, pada Selasa (21/9/2021).

MARIB, KOMPAS.com - Sedikitnya 50 pemberontak Huthi dan pasukan pro-pemerintah Yaman tewas akibat bertempur sengit di kota Marib, kata sumber-sumber militer pada Minggu (26/9/2021).

Marib adalah medan pertempuran utama dari Perang Yaman yang sudah berlangsung tujuh tahun.

Ratusan orang tewas pada September setelah pemberontak yang didukung Iran itu menyerang Marib lagi, benteng terakhir pemerintah di utara yang kaya minyak.

Baca juga: Arab Saudi Salahkan Houthi Atas Serangan 3 Rudal Balistik

"Dalam 48 jam terakhir, 43 personel Huthi tewas, sebagian besar dalam serangan udara koalisi (di sebelah barat Marib)," kata seorang sumber militer kepada AFP.

Houthi sendiri jarang mengumumkan jumlah korban mereka.

Sekitar 400 orang dilaporkan tewas dalam bentrokan pada September di kota utara, setelah sempat ada jeda pertempuran di wilayah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Houthi awalnya meningkatkan upaya mereka untuk merebut Marib pada Februari, dengan harapan mendapatkan kendali atas kota yang vital secara strategis dan sumber daya minyak di kawasan itu.

Marib yang berlokasi sekitar 120 kilometer timur ibu kota yang dikuasai pemberontak Sanaa, terletak di persimpangan antara wilayah selatan dan utaraa, serta merupakan kunci untuk mengendalikan utara Yaman.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.