China akan Bangun Proyek Litium Senilai Rp 4,99 Triliun di Sulawesi

Kompas.com - 26/09/2021, 14:54 WIB
Seorang tukang las bekerja di pabrik percontohan litium di Argentina pada 12 Agustus 2021. REUTERS via VOA INDONESIASeorang tukang las bekerja di pabrik percontohan litium di Argentina pada 12 Agustus 2021.

KOMPAS.com - Dua investor asal China, Chengxin Lithium Group Co Ltd dan afiliasi Tsingshan Holding Group akan berinvestasi dalam proyek litium di Tanah Air senilai 350 juta dollar AS (Rp 4,99 triliun).

Pabrik litium tersebut akan digunakan untuk memenuhi permintaan dari sektor baterai untuk kendaraan listrik.

Tsingshan beralih ke industri lithium pada saat harga komoditas tersebut melonjak di tengah meningkatnya penjualan kendaraan listrik di pasar teratas China.

Baca juga: Inspirasi Energi: Permintaan Mobil Listrik Bisa Tersendat jika Litium Defisit

Chengxin mengatakan para mitra akan membangun pabrik untuk membuat bahan kimia lithium di Morowali Industrial Park di Sulawesi.

Lokasi tersebut merupakan tempat beberapa proyek investasi China berada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chengxin mengatakan pabrik tersebut akan menghasilkan 50.000 ton per tahun litium hidroksida dan 10.000 ton per tahun litium karbonat.

Baca juga: Inspirasi Energi: Permintaan Mobil Listrik Melonjak, Berapa Lama Litium akan Habis?

Chengxin mengatakan akan memiliki 65 persen dari usaha patungan - yang disebut PT ChengTok Lithium Indonesia - dan Stellar Investment Pte yang didirikan di Singapura akan memegang 35 persen saham.

Seorang pejabat hubungan investor Chengxin pada Jumat (24/9/2021) mengatakan Stellar adalah afiliasi dari Tsingshan.

Tsingshan tidak menanggapi permintaan komentar.

Pekan lalu, LG Energy Solution Korea Selatan dan Hyundai Motor Group memulai pembangunan pabrik untuk membuat baterai kendaran listrik di Jawa Barat senilai senilai  miliar dollar AS (Rp 15,7 triliun).

Baca juga: Permintaan Mobil Listrik Melonjak, Apakah Litium akan Habis?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.