Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Jerman: Profil Olaf Scholz, "Si Robot" Calon Pengganti Angela Merkel

Kompas.com - 26/09/2021, 14:48 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Pemilu Jerman yang digelar pada Minggu (26/9/2021) mencuatkan salah satu kandidat pengganti Angela Merkel, yakni Olaf Scholz.

Calon kanselir baru Jerman dari Partai Sosial Demokrat (SPD) kiri-tengah ini adalah salah satu politisi paling berpengaruh di Jerman, dengan reputasi teliti, percaya diri, dan sangat ambisius.

Sebagai Menteri Keuangan Jerman dan Wakil Kanselir Angela Merkel, Olaf Scholz sangat dekat dengan politisi veteran yang akan lengser itu, bahkan berusaha memosisikan dirinya sebagai calon penerus Merkel yang sebenarnya, meskipun berasal dari partai berbeda.

Baca juga: Preview Pemilu Jerman: Siapa Kanselir Baru Pengganti Angela Merkel?

Olaf Scholz baru-baru ini digambarkan di sampul majalah Sueddeutsche Zeitung mengadopsi gerakan tangan "belah ketupat" Merkel yang terkenal. Aksi tersebut memicu kekhawatiran dari pesaing di kamp CDU-nya Merkel.

Dijuluki "Scholzomat" karena pidato bergaya kaku seperti robot, Olaf Scholz hampir tidak menonjol popularitasnya jelang pemilu Jerman 2021.

Namun, tidak seperti dua rival utamanya, Armin Laschet dari aliansi CDU-CSU-nya Merkel dan Annalena Baerbock dari Partai Hijau, Olaf Scholz (63) berhasil tidak membuat kesalahan memalukan dalam kampanye pemilu Jerman.

Oleh karena itu, Olaf Scholz sekarang menjadi favorit untuk memimpin pemerintahan koalisi Jerman berikutnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz telah memperkuat reputasinya sebagai pihak yang konservatif secara fiskal dari partai buruhnya.

Sepak terjang Olaf Scholz sebelum pemilu Jerman 2021

Jelang berlangsungnya pemilu Jerman, Menteri Keuangan yang juga kandidat kanselir baru, Olaf Scholz, berbicara dalam live podcast bersama media The Pioneer One di Postdam, Jerman, Sabtu (25/9/2021).DPA/SOEREN STACHE via AP Jelang berlangsungnya pemilu Jerman, Menteri Keuangan yang juga kandidat kanselir baru, Olaf Scholz, berbicara dalam live podcast bersama media The Pioneer One di Postdam, Jerman, Sabtu (25/9/2021).
Meskipun setuju menangguhkan "rem utang" Jerman untuk mencegah efek lumpuh dari pandemi virus corona, Olag Scholz bersikeras untuk kembali ke kebijakan tersebut pada 2023.

"Semua ini mahal, tetapi tidak melakukan apa-apa akan lebih mahal," katanya saat itu, dikutip dari AFP.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+