Kompas.com - 26/09/2021, 12:47 WIB
Seekor anak paus bungkuk (foto) telah terlihat di lepas pantai timur NSW terjerat jaring dan tali. ROWAN DEAR via DAILY MAILSeekor anak paus bungkuk (foto) telah terlihat di lepas pantai timur NSW terjerat jaring dan tali.

CANBERRA, KOMPAS.com - Gambar memilukan memperlihatkan seekor paus dengan jaring melilit pada bagian mulutnya, sebelum upaya penyelamat untuk membebaskan hewan itu berakhir karena minimnya jarak pandang.

Daily Mail mewartakan, paus itu terlihat di lepas pantai Vaucluse di timur Sydney sekitar pukul 14:15 pada Sabtu (25/9/2021), masih terikat dengan benda asing pada tubuhnya.

Baca juga: Bangkai Paus Sepanjang 9,75 Meter Tersangkut di Haluan Kapal Tanker

Foto-foto yang diambil di Bondi Golf Course menunjukkan mamalia yang sedang berjuang itu berada dalam jarak 100 meter hingga 200 meter dari permukaan tebing.

Saksi mata mengatakan kepada Daily Mail Australia bahwa mereka mengikuti hewan itu ke Maroubra, begitu mereka menyadari ada jaring besar dan tali yang melilit tubuh dan mulutnya.

Ketika mereka menyadari situasinya yang menyedihkan, mereka menghubungi Organisasi untuk Penyelamatan dan Penelitian Cetacea di Australia (PRRCA), dalam upaya untuk melacak paus itu.

Relawan ORRCA mencoba menemukan paus itu, tetapi tidak dapat menemukannya sebelum mata hari terbenam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paus yang terjerat terakhir kali terlihat di Bondi pada pukul 15:30 berenang ke selatan bersama dua paus lainnya.

Baca juga: Gagal Temukan Induknya, Bayi Paus Pembunuh Ini Mati

ORRCA adalah kelompok rehabilitasi satwa liar berbasis sukarelawan di New South Wales (NSW) yang memiliki lisensi untuk penyelamatan, rehabilitasi, dan pelepasan mamalia laut.

Organisasi tersebut meminta siapa pun yang memiliki informasi tentang paus itu untuk menghubungi Tim Hotline Penyelamatan ORRCA dengan informasi tentang lokasi dan gambarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.