Kompas.com - 25/09/2021, 21:14 WIB
Sebuah layar menunjukkan Presiden China Xi Jinping berbicara selama upacara untuk menandai peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China di Lapangan Tiananmen di Beijing, Kamis, 1 Juli 2021. AP PHOTO/NG HAN GUANSebuah layar menunjukkan Presiden China Xi Jinping berbicara selama upacara untuk menandai peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China di Lapangan Tiananmen di Beijing, Kamis, 1 Juli 2021.

SHANGHAI, KOMPAS.com - Regulator penyiaran China mengatakan akan mendorong produsen online untuk membuat kartun "sehat" dan menekan konten kekerasan, vulgar atau pornografi.

Pengumuman itu dikeluarkan saat Beijing meningkatkan upaya untuk membawa industri hiburannya yang berkembang kembali ke kulturnya.

Baca juga: Taiwan Sebut China Tukang Bully karena Kirim Jet Tempur ke Wilayahnya

Administrasi Radio dan Televisi Nasional mengatakan agensi yang memenuhi syarat perlu menyiarkan konten yang "menjunjung tinggi kebenaran, kebaikan, dan keindahan".

Hal itu terutama karena anak-anak dan remaja adalah penonton utama kartun, menurut sebuah pemberitahuan yang diunggah badan penyiaran tersebut pada Jumat (24/9/2021) malam, melansir Reuters.

Partai Komunis China yang berkuasa telah meningkatkan kampanye untuk membersihkan industri hiburannya dalam beberapa bulan terakhir.

Beijing mengambil tindakan terhadap "idola online" dan menjanjikan hukuman yang lebih berat bagi selebriti yang terlibat dalam perilaku ilegal atau tidak etis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kampanye tersebut menjadi bagian dari upaya yang lebih luas dari campur tangan Partai Komunis China, dalam semua aspek budaya dan ekonomi “Negeri Tirai Bambu”.

Baca juga: China Bebaskan 2 Warga Kanada Setelah Anak Pendiri Huawei Dilepaskan

Pemerintah Beijing juga berjanji untuk mengatasi ketidaksetaraan, melonjaknya harga properti dan lembaga pendidikan yang mencari keuntungan.

Partai Komunis China merayakan ulang tahun keseratusnya pada Juli.

Presiden Xi Jinping menandai kesempatan itu dengan berjanji untuk "meningkatkan" kekuatan partai dan memperkuat persatuan rakyat China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Reuters
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.