Kompas.com - 25/09/2021, 14:33 WIB
E-gate di bandara Heathrow, London, Inggris, error pada Jumat pagi (24/9/2021), sehingga menimbulkan penumpukan ribuan orang yang terjebak selama tiga jam di dalam. TWITTER @AndrewCanTalkE-gate di bandara Heathrow, London, Inggris, error pada Jumat pagi (24/9/2021), sehingga menimbulkan penumpukan ribuan orang yang terjebak selama tiga jam di dalam.

LONDON, KOMPAS.com - Kerusakan pada sistem TI yang memengaruhi e-gate di bandara Heathrow, London, Inggris, menyebabkan ribuan orang terjebak selama tiga jam di dalam pada Jumat pagi (24/9/2021) waktu setempat.

Ribuan orang berjubel di dalam Terminal 2 bandara Heathrow dan hanya sedikit terlihat social distancing.

Penundaan juga menyebabkan penumpukan koper, yang berarti beberapa orang harus mencarinya sendiri di tempat pengambilan bagasi.

Baca juga: Aplikasi Error, 42 Driver Datang Barengan Antar Makanan ke 1 Rumah

Daily Mail melaporkan, sistem error ini juga terjadi di bandara Gatwick, Stansted, Edinburgh, dan Manchester.

Juru bicara bandara Heathrow mengatakan, kegagalan sistem memengaruhi e-gate yang dikelola dan dioperasikan oleh Border Force.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami menyadari kegagalan sistem yang berdampak pada e-gate, yang dikelola dan dioperasikan oleh Border Force. Masalah ini memengaruhi sejumlah port masuk dan bukan masalah yang terisolasi di Heathrow. Tim kami bekerja sama dengan Border Force untuk menemukan solusi secepat mungkin," ujarnya.

Penumpang yang kecewa lalu melampiaskan amarah di media sosial. Salah satu netizen mengeklaim antrean pemeriksaan panjangnya satu kilometer, dan warganet lainnya menyindir ini sebagai lelucon.

Pelancong lain mengatakan, ada keterlambatan 30 menit untuk transfer bus dari pesawat.

Ada juga yang mengeluh dirinya menunggu selama 2,5 jam di Heathrow, dibandingkan dengan 5 detik yang dibutuhkannya untuk melewati pemeriksaan paspor di bandara Dubai.

Berita itu muncul di tengah kekacauan yang terus berlanjut di bandara, karena aturan perjalanan Covid-19 dan laporan kekurangan staf untuk Kontrol Perbatasan Inggris.

Baca juga: Maut di Bandara Tenerife 1977, Tabrakan Pesawat Korbankan Ratusan Nyawa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.