Pencuri Lukisan Vincent van Gogh Dipenjara 8 Tahun di Belanda

Kompas.com - 25/09/2021, 10:14 WIB
Rekaman CCTV memperlihatkan cara pencuri menerobos Museum Singer Laren untuk mencuri lukisan Vincent van Gogh berjudul The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884 seharga sekitar 2,6 juta poundsterling (sekitar Rp 49,7 miliar). Korps Nationale Politie via Daily MailRekaman CCTV memperlihatkan cara pencuri menerobos Museum Singer Laren untuk mencuri lukisan Vincent van Gogh berjudul The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884 seharga sekitar 2,6 juta poundsterling (sekitar Rp 49,7 miliar).

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Pengadilan Belanda memvonis seorang pria dengan hukuman delapan tahun penjara pada Jumat (24/9/2021), karena mencuri dua lukisan karya Vincent van Gogh dan Frans Hals dari museum.

Karya-karya seni bernilai tinggi tersebut sejauh ini belum ditemukan.

Pria itu, yang diidentifikasi media Belanda sebagai Nils M (59), ditangkap pada April di pusat kota Baarn, karena pencurian tahun lalu atas lukisan Vincent van Gogh tahun 1884 berjudul Parsonage Garden at Nuenen in Spring, dan lukisan Hals abad ke-17 yakni Two Laughing Boys.

Baca juga: Belanda Lockdown, Lukisan Karya Vincent van Gogh Hilang Dicuri

"Dengan mencuri, pria ini tidak hanya membawa kerugian besar bagi museum tetapi juga masyarakat dan publik internasional," kata Pengadilan Distrik Lelystad.

"Mereka (orang-orang) tidak bisa lagi melihat dan menikmati lukisan-lukisan itu," lanjut keterangan pengadilan dikutip dari AFP.

Lukisan Van Gogh dicuri dari Museum Singer Laren dekat Amsterdam pada Maret 2020 saat ditutup karena protokol pencegahan virus corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Museum itu terletak sekitar 10 kilometer dari Baarn, lokasi tersangka ditangkap.

Sementara itu, Two Laughing Boys karya Hals dicuri pada Agustus dari museum Hofje van Mevrouw van Aerden di Leerdam.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.