Kisah Tragis Camille Claudel, Pematung Berbakat yang Gila karena Pria

Kompas.com - 24/09/2021, 18:55 WIB
Camille Claudel. Wikimedia CommonsCamille Claudel.

 

KOMPAS.com - Camille Claudel adalah seorang pematung ternama di abad ke-19. Karya-karyanya sangat otentik, menjadikan namanya banyak jadi acuan.

Tapi, kisah hidupnya tak biasa-biasa saja. Dia juga harus berurusan dengan perselingkuhan yang kacau dengan Auguste Rodin.

Dan, beberapa orang percaya bahwa itu adalah alasan Camille menjadi gila. Ya, seniman yang gila secara harfiah.

Baca juga: Rich Brian: Saya Tak Percaya, Seniman Muda dari Indonesia Bisa Menyanyi untuk Marvel

Dilansir Daily Art Magazine, Camille selalu ingin menjadi seorang seniman. Dia menghadiri kelas banyak kelas dan akademi.

Ketika sosok seniman bernama Rodin menerima komisi besar pertamanya di awal tahun 1880-an, dia mengumpulkan tim asisten untuk bekerja bersamanya di studionya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Camille muncul di studio kerja artis sebagai mahasiswa muda berusia 19 tahun. Tampaknya, dia menghabiskan sebagian besar waktunya pada potongan-potongan kompleks, seperti tangan dan kaki patung-patung monumental, termasuk karya berjudul "Gerbang Neraka" yang terkenal.

Antara tahun 1882 dan 1889, Claudel secara teratur memamerkan patung dan potret orang-orang yang dekat dengannya di Salon des Artistes Francais.

Baca juga: Perangi Vandalisme, Seniman Ini Ciptakan Instalasi Warna-warni

Namun, ada satu masalah. Camille menjalin hubungan dengan Rodin, yang juga telah menjalin hubungan dengan Rose Beuret selama 20 tahun terakhir.

Rodin tidak ingin meninggalkannya.

Camille memang tidak pernah tinggal bersama Rodin, dan dari waktu ke waktu, dia merasa perlu menjaga jarak di antara mereka.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.