Singapura Dukung Australia Bentuk Pakta AUKUS dengan AS dan Inggris

Kompas.com - 24/09/2021, 15:30 WIB
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong AFP/GETTY IMAGESPerdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong

SINGAPURA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyatakan dukungannya terhadap pakta pertahanan AUKUS yang dibentuk Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Dukungan PM Lee disampaikan langsung kepada Perdana Menteri Australia Scott Morrison melalui sambungan telepon pada Kamis (16/9/2021).

Saat itu PM Singapura dihubungi oleh PM Australia yang menjelaskan tentang kemitraan trilateral AUKUS.

Baca juga: PM Australia Hubungi Presiden Jokowi, Berusaha Tenangkan Indonesia soal Kapal Selam Nuklir

Dikutip dari siaran pers yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri Singapura pada hari yang sama, tertulis bahwa PM Lee mendukung sekaligus menaruh harapan pada AUKUS.

Ia menyebut bahwa Singapura menjalin hubungan bilateral yang lama dengan Australia, Inggris, dan AS, lalu berharap AUKUS akan berkontribusi bagi perdmaaian dan kawasan regional.

Selain membahas AUKUS, pembicaraan telepon antara Lee dan Morrison juga membahas bagaimana kedua negara menangani Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PM Australia Scott Morrison mengucapkan terima kasih kepada PM Singapura Lee Hsien Loong, atas pengaturan kiriman dosis vaksin Covid-19 yang diselesaikan pada Agustus 2021.

Apa itu AUKUS?

Dengan menandatangani pakta pertahanan AUKUS pekan lalu, Australia menegaskan posisinya di dunia: memihak Amerika Serikat daripada China.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.