Amir Qatar Ingatkan Para Pemimpin Dunia tentang Pentingnya Melanjutkan Dialog Damai dengan Taliban

Kompas.com - 22/09/2021, 08:56 WIB
Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. AFP / FETHI BELAIDEmir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Amir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani berseru kepada para pemimpin dunia untuk tetap menjalin dialog damai dengan Taliban yang memimpin Afghanistan saat ini.

Sheikh Tamim di Majelis Umum PBB ke-76 di New York pada Selasa (21/9/2021) menekan pentingnya dukungan berkelanjutan dari komunitas internasional untuk masyarakat Afghanistan "di situasi kritis ini".

Ia meminta mereka untuk memisahkan antara tujuan bantuan kemanusiaan dengan perbedaan politik.

Baca juga: Taliban Tunjuk Duta Besar Afghanistan untuk PBB, Ingin Berbicara dalam Sidang Umum

"Penting juga untuk melanjutkan dialog dengan Taliban," ucapnya di Majelis Umum PBB, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada Selasa (21/9/2021).

"Memboikot mereka (milisi Taliban) hanya akan mendorong polarisasi dan reaksi (keras), sementara dialog dapat lebih berguna," lanjutnya.

Qatar tepatnya di kota Doha adalah tuan rumah untuk dialog damai antara Amerika Serikat dan Taliban yang berkonflik pada 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertemuan kala itu menghasilkan perjanjian, di mana pasukan NATO yang dipimpin AS harus menarik pasukan di Afghanistan, dan Taliban harus melakukan pembicaraan damai intra-Afghanistan.

Baca juga: Diserang ISIS, Taliban Copot 2 Gubernur di Afghanistan

Sejak AS menarik pasukan pada Agustus, Qatar membantu mengevakuasi warga asing dan warga Afghanistan, yang melibatkan penguasa baru Taliban.

Qatar mendukung operasi di bandara Kabul dengan pesawat Qatar Airways melakukan beberapa perjalanan ke ibu kota untuk menerbangkan bantuan dan mengakut pemegang paspor.

Sheikh Tamim mengatakam bahwa pemerintahannya tidak memaksakan untuk mengevakuasi ribuan orang dari Afghanistan dengan batas waktu, setelah Taliban mengambil alih kekuasaa.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.