Hasil Pemilu Kanada: Kemenangan Semu PM Justin Trudeau yang Kembali Terpilih

Kompas.com - 21/09/2021, 16:58 WIB
Perdana Menteri Justin Trudeau menyampaikan pidato kemenangan pemilu Kanada di Hotel Queen Elizabeth, Montreal, Quebec, Selasa dini hari (21/9/2021) waktu setempat. Trudeau memenangi periode ketiga dan akan membentuk pemerintahan minoritas kedua untuk empat tahun ke depan AFP/ANDREJ IVANOVPerdana Menteri Justin Trudeau menyampaikan pidato kemenangan pemilu Kanada di Hotel Queen Elizabeth, Montreal, Quebec, Selasa dini hari (21/9/2021) waktu setempat. Trudeau memenangi periode ketiga dan akan membentuk pemerintahan minoritas kedua untuk empat tahun ke depan

MONTREAL, KOMPAS.comPemilu Kanada kembali dimenangi oleh Perdana Menteri Justin Trudeau, yang terpilih untuk periode ketiga setelah partai Liberal pimpinannya meraih kursi terbanyak di parlemen, pada Senin (20/9/2021).

Dalam pidato kemenangan pemilu Kanada 2021 di kota Montreal, provinsi Quebec, Justin Trudeau menyambut hangat mandat baru yang diberikan rakyatnya.

“Pemilih telah memberikan pemerintahan ini mandat yang jelas untuk kembali bekerja terutama memimpin Kanada melewati masa pandemik ini.“ ucapnya.

Baca juga: PM Kanada Menangi Pemilu, tapi Pemerintahannya Gagal Jadi Mayoritas

Trudeau menambahkan, jutaan rakyat Kanada memutuskan memilih agenda-agenda pemerintahan progresif yang selama ini diperjuangkan oleh Partai Liberal.

Gagalnya perjudian Justin Trudeau di pemilu Kanada

Walau berhasil mengikuti jejak ayahnya, Pierre Trudeau, yang memenangi pemilu Kanada federal tiga kali, kemenangan kali ini terasa hampa bagi Justin Trudeau.

Ia gagal merebut kembali mayoritas parlemen yang lepas dari genggamannya pada pemilu Kanada 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal pemilu Kanada kali ini digelar dua tahun lebih awal, atau merupakan pemilu dini untuk mencapai target mayoritas tersebut.

Alih-alih mayoritas, PM Kanada berusia 49 tahun itu akan kembali memimpin pemerintahan minoritas kedua.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berkampanye di kota Cambridge, Ontario, pada 29 Agustus 2021. Pemilu Kanada akan digelar pada Senin (20/9/2021).AFP/GEOFF ROBINS Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berkampanye di kota Cambridge, Ontario, pada 29 Agustus 2021. Pemilu Kanada akan digelar pada Senin (20/9/2021).
Artinya pemerintahan Justin Trudeau membutuhkan dukungan dari partai lain di parlemen untuk meloloskan anggaran belanja negara dan sejumlah legislasi lain.

Baca juga: Blunder Pemilu Dini, Posisi PM Kanada Justin Trudeau Dipertaruhkan

Hasil pemilu Kanada 2021 hampir mirip dengan hasil pemilihan sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.