Preview Pemilu Kanada: Bisakah PM Justin Trudeau Menangi Periode Ketiga?

Kompas.com - 20/09/2021, 08:06 WIB
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berkampanye di kota Cambridge, Ontario, pada 29 Agustus 2021. Pemilu Kanada akan digelar pada Senin (20/9/2021). AFP/GEOFF ROBINSPerdana Menteri Kanada Justin Trudeau berkampanye di kota Cambridge, Ontario, pada 29 Agustus 2021. Pemilu Kanada akan digelar pada Senin (20/9/2021).

MONTREAL, KOMPAS.com - Pemilu Kanada 2021 mempertemukan dua kandidat kuat sebagai perdana menteri, yaitu Justin Trudeau dan Erin O'Toole.

Justin Trudeau mengincar masa jabatan tiga periode dengan memenangi pemilu Kanada kali ini, sedangkan Erin O'Toole adalah pemula yang sedang naik daun.

Mereka bersaing di bawah panji partainya masing-masing dalam pemilu Kanada 2021. Trudeau dari Partai Liberal, kemudian O'Toole Konservatif.

Baca juga: Pemilu Kanada 2021: Profil Erin OToole, Pemula yang Berpeluang Kalahkan PM Justin Trudeau

Pemimpin Partai Konservatif, Erin O'Toole, saat berbicara dalam debat pemilu Kanada menggunakan bahasa Perancis di Gatineau, Quebec, Rabu (8/9/2021).THE CANADIAN PRESS/JUSTIN TANG via AP Pemimpin Partai Konservatif, Erin O'Toole, saat berbicara dalam debat pemilu Kanada menggunakan bahasa Perancis di Gatineau, Quebec, Rabu (8/9/2021).
Jelang pemilu Kanada pada Senin (20/9/2021), Justin Trudeau dan Erin O'Toole berkampanye untuk menggaet massa.

Trudeau mengumbar janji-janji pemilu Kanada di provinsi Ontario, Manitoba, dan British Columbia, sementara O'Toole berfokus pada kota metropolitan Toronto yang kaya akan suara serta kawasan di sekitarnya.

“Bagaimana kita akan mengakhiri pandemi ini? Nilai apa yang akan kita bawa ke pemerintah? Arah apa yang akan kita berikan untuk keluarga kita, bisnis kita, dan masa depan kita? Itu sebabnya kita ikut pemilu ini," kata Trudeau pada kampanye pertamanya hari itu, dengan suara serak setelah 35 hari di berpidato.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pria berusia 49 tahun tersebut ingin menang pemilu Kanada lagi untuk menjalani periode ketiga sebagai perdana menteri, setelah menyerukan pemilihan cepat bulan lalu dalam upaya mendapatkan kembali mayoritas yang hilang dari Partai Liberal setelah 18 bulan.

Erin O'Toole, sementara itu, mencuat di pacuan pemilu Kanada dalam lima minggu terakhir meski relatif tidak dikenal oleh warga, sejak menjadi pemimpin Partai Konservatif satu tahun lalu di tengah pandemi Covid-19.

Pemimpin Partai Konservatif, Erin O'Toole (kiri), dan pemimpin Partai Liberal, Justin Trudeau (kanan), dalam debat pemilu Kanada menggunakan bahasa Perancis pada Rabu (8/9/2021) di Gatineau, Quebec.THE CANADIAN PRESS/JUSTIN TANG via AP Pemimpin Partai Konservatif, Erin O'Toole (kiri), dan pemimpin Partai Liberal, Justin Trudeau (kanan), dalam debat pemilu Kanada menggunakan bahasa Perancis pada Rabu (8/9/2021) di Gatineau, Quebec.
Para pemimpin faksi-faksi yang lebih kecil, seperti Jagmeet Singh dari Partai Demokrat Baru yang berhaluan kiri, Yves-Francois Blanchet dari separatis Blok Quebecois, dan Annamie Paul dari Partai Hijau juga berkampanye di daerah pemilihan masing-masing pada hari terakhir ini.

Hasil pemilu Kanada pada 20 September tidak dapat diprediksi, karena dua partai utama yang memerintah negara itu sejak konfederasinya pada 1867 bersaing ketat.

Baca juga: Pemilu Kanada, PM Justin Trudeau Terancam Kalah dari Pemula

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.