Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambar Satelit Tangkap Aktivitas Korea Utara Memperluas Fasilitas Nuklir Yongbyon

Kompas.com - 19/09/2021, 16:21 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Gambar satelit terbaru menunjukkan Korea Utara memperlus fasilitas pengayaan uraniumnya di kompleks nuklir utamanya di Yongbyon.

Sebuah laporan Institut Studi Internasional Middlebury di Monterey, California mengatakan bahwa sejumlah gambar yang diambil perusahaan citra satelit, Maxar, menunjukkan konstruksi di area dekat pabrik pengayaan uranium di Yongbyon.

"Pengembangan pabrik pengayaan uranium mengindikasikan bahwa Korea Utara berencana untuk meningkatkan produksi senjata tingkat uranium di situs Yongbyon, sebanyak 25 persen," ujar Jeffrey Lewis dan 2 pakar lainnya di Institut Studi Internasional Middlebury dalam laporan mereka.

Baca juga: Kapal Selam Bertenaga Nuklir Jadi Prioritas Tangkal China di Indo-Pasifik

Melansir Al Jazeera pada Minggu (19/9/2021), Korea Utara baru-baru ini mengumumkan uji coba rudal balistik pertamanya, selang 6 bulan negosiasi nuklir dengan Amerika Serikat yang sempat terhenti sejak 2019.

Laporan Middlebury Institute mengatakan bahwa citra satelit yang diambil pada 1 September menunjukkan Korea Utara menebangi pohon-pohon dan bersiap membangun fondasi konstruksi. Dari situ juga terlihat adanya ekskavator konstruksi.

Laporan itu mengatakan gambar satelit lainnya yang diambil dua pekan kemudian menunjukkan sebuah dinding telah dibangun untuk menutup area tersebut, dan panel-panel dipindahkan dari sisi bangunan pengayaan untuk menyediakan akses ke area yang baru ditutup.

Area baru pengembangan nuklir itu kira-kira 1.000 meter persegi, ruang yang cukup untuk menampung 1.000 sentrifugal tambahan, yang akan meningkatkan kapasitas pabrik untuk menghasilkan uranium yang sangat diperkaya sebesar 25 persen.

Baca juga: AS dan Inggris Bantu Australia Buat Kapal Selam Nuklir, China Kecewa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senjata nuklir dapat dibuat menggunakan uranium atau plutonium yang sangat diperkaya, dan Korea Utara memiliki fasilitas untuk memproduksi keduanya di Yongbyon.

Pada Agustus, gambar-gambar satelit Yongbyon sebelumnya menunjukkan tanda-tanda bahwa Korea Utara melanjutkan operasi fasilitas lain untuk memproduksi plutonium tingkat senjata.

Korea Utara menyebut kompleks Yongbyon sebagai "jantung" dari program nuklirnya.

Halaman:
Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+