Robert Durst, Jutawan AS yang Akhirnya Dipenjara Atas Kasus Pembunuhan Berkat Cuplikan Film Dokumenter

Kompas.com - 18/09/2021, 09:24 WIB
Robert Durst. [Via Wikimedia Commons] Via Wikimedia CommonsRobert Durst. [Via Wikimedia Commons]

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jutawan pewaris real estat AS Robert Durst yang menjadi subjek dalam film dokumenter HBO "The Jinx", dihukum penjara setelah membunuh sahabatnya, Susan Berman, pada 20 tahun lalu.

Pada Jumat (17/9/2021), Robert Durst dinyatakan bersalah telah membunuh Berman pada 2000, untuk menghentikannya berbicara dengan polisi tentang hilangnya istri Durst.

Juri Los Angeles tidak butuh waktu lama untuk berunding untuk memutuskan Durst bersalah, setelah rangkaian bukti terkumpul.

Baca juga: 3 Bersaudara Pelaku Pembunuhan Ayah Mereka yang Paedofil Berharap Dibebaskan dari Tuduhan

Melansir BBC pada Sabtu (18/9/2021), kasus pembunuhan yang dilakukan jutawan AS itu pada 2000 mulai terungkap melalui film dokumenter HBO "The Jinx" pada 2015.

Di bagian akhir "The Jinx", Durst terdengar bergumam pada dirinya sendiri, "Apa yang kulakukan? Membunuh mereka semua, tentu saja."

Pada 1982, istri pertama Durst, Kathleen McCormack, menghilang dan tidak pernah ditemukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, Robert membunuh Susan Berman yang saat itu berusia 55 tahun dengan menembak kepalanya di rumahnya di Beverly Hills. Berman dibunuh ketika dia bersiap untuk memberi tahu polisi bagaimana dia membantu menutupi pembunuhan istri Robert.

Baca juga: KISAH MISTERI: Teka-teki Pembunuhan Aktivis HAM Ternama AS, Malcolm X

Berman adalah seorang penulis yang berteman dengan Durst sejak mereka masih mahasiswa di University of California, Los Angeles, yang memiliki masalah keuangan serius saat terakhir bertemu Durst di LA.

Durst telah memberinya 50.000 dollar AS (Rp 712,8 juta), tetapi ia meminta lebih karena telah memberikan alibi palsu kepada Durst setelah istrinya menghilang.

Pihak berwajib juga mengaitkan Durst dalam kasus pembunuhan pada 2001 terhadap seorang penyewa di sebuah flophouse Texas tempat Robert Durst bersembunyi saat dalam pelarian dari otoritas New York, seperti yang dilansir dari NPR pada Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Jaksa Haiti Minta Perdana Menteri Baru Didakwa atas Pembunuhan Presiden Moise

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC,NPR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.