Ada Pria Tak Mau Divaksin Covid-19 karena Takut Buah Zakar Membengkak, Ini Penjelasan Dokter...

Kompas.com - 17/09/2021, 21:32 WIB
Apa yang diceritakan Nicki Minaj sudah dijelaskan secara medis oleh para pakar kesehatan dunia. ABC INDONESIAApa yang diceritakan Nicki Minaj sudah dijelaskan secara medis oleh para pakar kesehatan dunia.

KOMPAS.com - Selasa kemarin (14/9/2021), penyanyi ternama Nicki Minaj mengajukan pertanyaan yang mungkin belum ada dalam pikiran kita sebelumnya: Apakah Vaksin Covid-19 bisa membuah buah zakar membengkak sampai membuat tunangan mereka membatalkan pernikahan?

Tentunya cerita Nicki tidak bisa dijadikan sumber informasi yang akurat soal vaksin atau menjadi alasan yang benar jika tidak mau divaksinasi.

Tidak ada bukti ilmiah dan medis jika vaksin Covid bisa menyebabkan pembengkakan buah zakar.

Sejumlah pakar kesehatan menyanggah unggahan tersebut, bahkan beberapa membuat unggahan yang lucu dengan cepat menyebar di internet untuk menanggapinya.

Baca juga: Nicki Minaj Tuai Kritikan karena Cuitannya Soal Vaksin Covid-19

Dokter Sandro Demaio, direktur eksekutif dari lembaga VicHealth di Melbourne, mengatakan apa yang diklaim Nicki Minaj sepenuhnya salah.

Malah menurutnya dengan tidak divaksinasi Covid bisa membuat para pria berisiko mengalami masalah reproduksi.

"Covid-19 memiliki dampak komplikasi yang sangat serius, terutama karena varian Delta … tentunya selain kematian, juga di kalangan pria muda terkait dengan impotensi dan gangguan ereksi," kata Dr Demaio kepada program Hack milik ABC.

Dr Demaio juga mengatakan Covid-19 dapat berdampak pada fungsi seksual dan kesejahteraan psikologis pria.

"Pesan untuk pria sudah sangat jelas. Jika Anda khawatir tentang impotensi, takut menganggu kinerja seksual, maka divaksinasi."

Baca juga: Ribuan Pekerja Kesehatan di Perancis Diberhentikan Tanpa Gaji karena Tolak Vaksin Covid-19

Kurangnya pesan kesehatan untuk pria muda

Unggahan Nicki Minaj di Twitter menjadi mengangkat masalah yang selama ini hampir saja diabaikan: keraguan vaksinasi di kalangan pria muda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.